Rel Tertimbun Tanah Longsor, Perjalanan Kereta Api Terganggu

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Purwokerto – Perjalanan kereta apai di jalur Kroya, Cilacap sampai Stasiun Purwokerto sempat terganggu. Gangguan terjadi ada tanah longsor di dekat rel kereta di terowongan kereta di Kebasen, Banyumas, Rabu 28 Oktober 2020, tadi malam.

Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 5, Purwokerto, Supriyanto, Kamis 29 Oktober 2020, menyebut, pusat pengendali KA Daop 5 Purwokerto menerima informasi dari Masinis KA Dwipangga, bahwa di antara stasiun Notog-Kebasen, tepatnya di depan terowongan, ada tanah longsor.

“Pusat pengendali segera menghubungi petugas di lapangan, dan dilakukan penutupan jalur KA. Petugas segera membersihkan jalur KA yang tertimbun longsoran,” kata Supriyanto.

Pukul 00.45 jalur hulu sudah bisa dilewati KA dengan kecepatan normal. Sehingga semua KA baik arak Purwokerto – Kroya maupun sebaliknya, dilewatkan jalur hulu yang aman.

“Setelah menerima informasi adanya gangguan perjalanan KA, petugas segera melakukan tindakan pengamanan,” ujar Supriyanto.

Ditambahkan Supriyanto, petugas flying gang segera melanjutkan pembersihan jalur hilir yang masih tertimbun tanah. Pukul 06.40 pagi tadi jalur hilir sudah bisa dilewati dengan kecepatan 20 Km/jam.

Beberapa KA yang terganggu karena terimbas antrean adalah KA Gajayana relasi Gambir – Malang terganggu 20 menit. KA Bengawan, relasi Lempuyangan-Pasar Senen terganggu 20 menit dan KA Bima, relasi Malang – Gambir terganggu 15 menit.

Sampai siang tadi, petugas terus melakukan normalisasi dan pembersihan tanah di lokasi, serta melakukan penguatan tebing.

Penulis : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini