Hari Ini Terakhir Rapid Test PPDP, Hasil Tunggu dari Dinkes Pemalang

Pengambilan sampel darah dari PPDP oleh tenaga kesehatan di Puskesmas Kebondalem, FOTO/PUSKAPIK/BAKTIAWAN CANDHEKI
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Hari terakhir pelaksanaan rapid test bagi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Kabupaten Pemalang di sejumlah Puskesmas berjalan lancar.

Di Puskesmas Mulyoharjo misalnya, dari pantauan Puskapik.com, sampai pukul 09.30 WIB, hanya 4 dari total 43 PPDP yang belum datang untuk mengikuti rapid test di hari terakhir.

Kepala Puskesmas Kebondalem, Noor Faizah Maenofie, Kamis, 9 Juli 2020, mengatakan, batas akhir pelaksanaan rapid test sampai pukul 10.00 WIB. Jika masih ada PPDP yang belum datang akan ada dispensasi waktu selama 15 menit.

“Sampai jam 10.00 WIB kita tunggu dan kalau masih ada yang belum datang, kita toleransi 15 menit. Kalau tidak datang juga maka, kita serahkan keputusan ke pihak KPU,” ujarnya.

Jadwal untuk pelaksanaan rapid test Puskesmas Kebondalem hari ini adalah PPDP wilayah Kelurahan Kebondalem dan Desa Lawangrejo. Sebanyak 35 orang dari Kebondalem dan 8 orang dari Lawangrejo.

Maenofie menyampaikan, selain pelaksanaan rapid test PPDP, Puskesmas Kebondalem juga melakukan rapid test bagi pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) berdasarkan hasil tracking yang dilakukan oleh pihak Puskesmas.

“Kalau masyarakat umum kita belum melayani permintaan rapid test, melainkan untuk OTG berdasarkan yang diduga mempunyai riwayat kontak dengan pasien Covid,” katanya.

Hasil rapid test rencananya didata dan akumulasi lalu diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang. “Kita akumulasi kita serahkan ke Dinas Kesehatan, kalau pun hasilnya ada yang reaktif, Dinas terkait yang akan menginformasikan kepada publik,” katanya.

Terpisah, Petugas Panitia Pemilih Kecamatan Pemalang, Ratih Budiyarti saat memantau jalannya rapid test di Puskesmas Mulyoharjo mengatakan, berbeda dari dari Puskesmas Kebondalem, di Mulyoharjo peserta rapid test lebih banyak yakni 84 orang PPDP.

“Kalau di sini rapid test berlangsung 2 hari, karena yang seharusnya tanggal 7 dimulai, karena ada agenda dari pihak Puskesmas, rapid test baru bisa dilaksanakan di hari berikutnya,” ungkapnya.

Selain itu, pelaksanaan rapid test di Puskesmas Mulyoharjo tidak dibatasi waktu sampai pukul 10.00 WIB, tetapi menyesuaikan jam pelayanan Puskesmas.

Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan Sugiwaras, Samsul menyampaikan secara umum dari hasil pemantauan hari ini di Puskesmas Mulyoharjo, rapid test berjalan lancar.

“Infonya nanti kan bukan hanya PPDP yang di-rapid tapi semua unsur penyelenggara dari PPS, PPK, Panwas dan lain-lain akan di rapid test,” katanya.

Penulis: Baktiawan Candheki
Editor: Faisal M

Iklan

Tinggalkan Balasan