Pekerja yang Mudik ke Pemalang Diimbau Melapor ke Disnaker

0
FOTO/ILUSTRASI/PUSKAPIK/ENVATO ELEMENTS

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemalang mengimbau tenaga kerja asal Pemalang, yang bekerja di luar negeri dan luar daerah akan pulang untuk melapor ke Disnaker. Ini untuk membantu Pemkab Pemalang dalam pencegahan mewabahnya virus corona.

Kasi Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemalang, Najih Nur Fauzi, Selasa 24 Maret 2020, mengungkapkan, tiadanya data pekerja Pemalang di luar daerah di perusahaan yang bekerja sama dengan Disnaker.

Saat ini Disnaker sedang mengupayakan pendataan melalui perangkat desa. Mekanismenya, pekerja yang akan kembali ke daerah melaporkan kepada perangkat desa masing-masing. “Kita upayakan melalui pihak desa agar memberikan info kepada pekerja yang di luar daerah untuk melapor ke desa kalau hendak mudik atau pulang ke daerahnya,” ujarnya.

Menurut Najih data pekerja dari negara pandemi corona dan daerah yang berisiko tinggi penularan virus corona sangat penting dalam upaya melakukan penanggulangan penyebaran Covid-19 di Pemalang.

Ketiadaan data lengkap, lanjut Narjih, belum adanya kesadaran masyarakat Pemalang yang akan berkerja di luar daerah dan luar negeri untuk melapor ke Disnaker. “Karena banyak warga Pemalang bekerja di luar daerah tidak melapor ke Disnaker, maka kami mengimbau kepada perusahaan untuk memberikan data,” ungkapnya.

Langkah yang dilakukan Disnaker saat ini untuk pencegahan mewabahnya virus corona yakni dengan menghentikan pekerja yang akan berkerja di daerah rawan virus corona.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini