Bijaklah, Jika Tidak Sakit Jangan Pakai Masker

0
Rapat Koordinasi Forkompinda Pemalang dalam pencegahan Covid-19 di Gedung Sasana Bhakti Praja, Selasa 24 Maret 2020.FOTO/PUSKAPIK/DEDI MUHSONI

PUSKAPIK.COM, Pemalang- Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemalang mengimbau agar masyarakat bijak dalam menggunakan masker saat pemerintah gencar mencegah penyebaran Covid-19. Pasalnya, ketersediaan masker kesehatan di pasaran, kini sulit dicari.

“Masker itu digunakan oleh petugas kesehatan dan warga yang mengalami batuk pilek. Jika merasa sehat tidak perlu menggunakan masker, sehingga bijak lah menggunakan masker,” kata Solahudin, Kepala Dinkes Kabupaten, Selasa 24 Maret 2020.

Solahudin menyebut, penyemprotan disinfektan telah dilakukan di seluruh tempat umum termasuk menyosialisasikan kepada masyarakat agar ikut berpartisipasi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan cara tidak berinteraksi fisik secara langsung dan cuci tangan menggunakan sabun.

“Dinas kesehatan dan pihak terkait lainya sudah melakukan penyemprotan di setiap titik fasilitas umum seperti terminal, dan stasiun, tetapi mestinya tidak dilakukan cukup sekali,” katanya.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pemalang Mohammad Arifin bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar rapat bersama di ruang rapat Sasana Bhakti Praja Setda Kabupaten Pemalang menindaklanjuti penanganan penyebaran virus Covid-19 di wilayah.

Dalam arahannnya, Arifin memerintahkan Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus melakukan penyemprotan disinfektan. Selain itu Dinas Perhubungan bersama TNI dan Polri Pemalang, segera melakukan langkah kongkret dengan pemantauan di pusat pintu masuk terminal dan stasiun.

“Himbauan kepada pengusaha agar mengecek suhu tubuh para pekerjanya pada saat berangkat dan pulang kerja,” kata Arifin.

Penulis : Dedi Muhsoni
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini