Puncak Musim Penghujan, Penjualan Mokas Lesu

0
FOTO/PUSKAPIK/DEDI MUHSONI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Musim hujan dan curah hujan yang begitu tinggi di Pemalang akhir-akhir ini, berdampak pada sektor penjualan motor Bekas (Mokas). Para penjual mokas pun menyiasatinya dengan memberikan diskon layaknya motor baru, dan memberikan tips atau kiat khusus agar pembeli tidak salah pilih.

Puskapik mencoba menyambangi beberapa dealer mokas, salah satunya dealer ‘Adi Yanto Motor’ di Jalan Raya Pantura Iser-Petarukan, Kabupaten Pemalang, Selasa (10/3/2020).

“Pada beberapa bulan ini sepi pembeli, berbeda dengan awal tahun lalu, karena saat ini musim penghujan dan panen raya di beberapa desa belum terjadi. Untuk menyiasatinya kita memberikan diskon dan harga khsusus bagi pembeli,” kata Indah Susanti (38) pemilik dealer mokas.

Menurut Indah, selain memberikan harga khusus, dealer mokas juga memberikan layanan pembelian dengan cara kredit dengan kerjasama perusahaan pembiayaan (leasing). Syarat dan ketentuannya pun hampir sama seperti pengajuan kredit motor baru seperti KTP, KK dan dokumen pendukung lainya.

Pada dealer mokas, lanjut Indah, pembeli bisa memilih motor berbagai merek dan tahun pembuatan. Bahkan motor tua seperti Yamaha RX King, Honda 70-an, Fiz R dan Alva menjadi incaran para pembeli. Namun demikian motor jenis tersebut sulit dicari, kalaupun ada harganya masih mahal.

Pemilik delaer mokas tersebut memberikan tip atau kiat kiat khusus bagi pembeli motor bekas agar motor yang dibelinya tidak mengecewakan. Pembeli harus selektif dalam memilih motor, cek kondisi mesin dan bodi, termasuk kaki kakinya.

Pembeli juga jangan sungkan menanyakan kondisi motor termasuk surat kendaraan apakah pajak kendaraan menunggak atau tidak. Yang lebih penting pembeli harus mencoba kendaraan apakah ada kejanggalan atau tidak.

“Saya kalau jual barang apa adanya yang bagus dikatakan bagus, yang jelek katakan jelek, agar tidak mengecewakan pelanggan,” katanya.

Penulis  : Dedi Muhsoni

Editor    : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini