Jengkel, Warga Kendalduwur Doakan Pembuang Sampah Sembarangan Meninggal

0
Spanduk imbauan tidak membuang sampah sembarangan dipasang di Jalan Raya Km-117,5 Grosir-Comal. Dengan spanduk ini diharapkan tidak ada lagi yang membuang sampah sembarang. FOTO/DOK.PEGIAT LINGKUNGAN.

PEMALANG (PUSKAPIK) – Spanduk yang dipasang di depan makam Dusun Kendalduwur, Kelurahan Purwoharjo, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang menarik perhatian pengguna jalan, Sabtu (29/2/2020). Tulisan spanduk mendoakan orang yang membuang sampah sembarangan segera dicabut nyawanya.

“Ya Allah cabutlah segera nyawa mereka yang buang sampah di sini,” begitu tulisan dalam spanduk.

Di bawahnya, ada juga pemberitahuan ancaman pidana bagi yang ketahuan membuang sampah yakni dihukum penjara 3 bukan atau denda Rp50.000.000 sebagaimana Peraturan Daerah (Perda) No 13/2012.

Kepala Unit Kebersihan dan Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pemalang, Slamet Sugisto, mengatakan, pihaknya bersama komunitas pegiat lingkungan telah membersihkan tempat pembuangan sampah liar sejal Jumat hingga Sabtu (28-29/2/2020) siang. Total sampah yang dikumpulkan lebih dari 2 truk.

Keberadaan tempat pembuangan sampah liar menyebabkan drainese mampet, bau menyengat, dan pemandangan yang buruk bagi pengguna jalan. Lokasi pembuangan sampah liar itu berada di kilometer 117,5 pantura, Grosir Comal.

“Diimbau agar masyarakat peduli dengan lingkungan, terlebih saat ini musim hujan. Buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan untuk menuju Pemalang yang bersih dan sehat,” kata Slamet Sugisto kepada Puskapik, Sabtu (29/2/2020) malam.

Sementara itu, kordinator pegiat lingkungan, Sutarto berterima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang sudah memfasilitasi pembersihan tempat sampah liar, sehingga ke depannya tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan.

“Akibat pembuangan sampah liar itu justru yang dirugikan warga setempat karena irigasi menjadi mampet dan bau menyengat,” kata Tarto.(DED)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini