Ibu Lumpuh, Tinggal di Gubuk Nyaris Ambruk

0
Rohayah ( 48) warga RT 3 RW 6 Dukuh Kaso Gunung. Desa Doro, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, tinggal sendirian di gubung kecil nyaris ambruk, Jumat (17/1/2020) (Foto: Puskapik/Yon)

PEKALONGAN (PUSKAPIK)-Rohayah ( 48) warga RT 3 RW 6 Dukuh Kaso Gunung. Desa Doro, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, tinggal sendirian di gubung kecil. Ibu paruh baya ini sudah tiga tahun hanya tergeletak di tempat tidur, kondisinya lumpuh, badan dan tangan kaku sulit digerakkan.

Semua aktivitas hidup dilakukan di atas tempat tidur. Dari makan, minum, sampai buang hajat, juga dilakukan di kamar sempit dan pengap itu. Rumah, atau lebih tepatnya gubuk itu sangat sempit. Hanya sekira 3 x 4 meter, berlantai tanah, berdinding bambu serta kayu bekas, dan bolong di sana sini serta tak ada pintu. Kayu penyangga sebagian lapuk dan atap juga rusak, bocor jika hujan bahkan nyaris ambruk.

Tak ada peralatan di dalam rumah, hanya tempat tidur tanpa alas tak ada alat dapur, alat makan juga tidak ada. Suaminya sudah lama meninggalkannya tanpa jejak dan tidak ada kabar berita. Keluarga yang lain sekali- kali ke rumah ini untuk menengok juga mengirim makanan.

“Sudah tiga tahunan tak bisa ke mana- mana hanya tiduran saja. Makan-minum ya kalau ada yang ngasih. Kadang tidak makan karena tak bisa kemana- mana, “ kata Rohayah, Jum’at (17/1/2020)

Warga serta keluarga yang dekat selama ini hanya bisa berupaya membantu seadanya, namun masih belum cukup. Tanah yang ditempati juga punya saudara sehingga diharapkan ada bantuan agar bisa ada tempat atau rumah yang layak untuk ibu malang itu.

“Kami sering ke sini menengok. Kadang bawa makanan atau sekadar meihat kondisnya. Kami juga membantu dan memandikannya jika sudah kotor ,” kata Uripah, keluarga dekatnya.

Beberapa kali petugas Puskemas dan kecamatan mengunjungi dan sekadar memberikan obat namun tidak banyak menolong. Diharapkan ada dermawan bisa memberi bantuan dan bisa membangun rumah serta perawatan untuk ibu miskin itu.(Yon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini