Serahkan Piagam Sakip, Plt Bupati Pemalang Minta OPD Tingkatkan Kinerja

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, mendorong semua OPD untuk konsisten dalam upaya meningkatkan kinerjanya. OPD diharapkan dapat meningkatkan penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip).

Itu disampaikan Mansur Hidayat saat memimpin Apel pagi bersama sekaligus penyerahan piagam Sakip kepada tiga OPD terbaik di Area Parkir Timur Kompleks Pendopo Kabupaten Pemalang, Senin 14 Agustus 2023

Dorongan orang nomor satu di Pemkab Pemalang kepada jajarannya ini, menyusul hasil penilaian Sakip di sejumlah OPD dinilai belum sesuai harapan.

Maka Mansur mendorong semua OPD termasuk peraih tiga terbaik untuk konsisten meningkatkan kinerjanya karena nilai yang diraih ketiga OPD terbaik tersebut masih kategori B sehingga perlu dilakukan evaluasi kembali.

“Saya mengucapkan selamat kepada Bappeda, Setda dan Dipermades, tiga terbaik walaupun ini capaiannya masih tergolong kategori B sehingga perlu ada peningkatan lagi kedepan, ya paling tidak untuk menyemangati semua OPD di lingkungan Pemkab Pemalang” ucapnya.

Selain itu Mansur Hidayat juga berharap agar OPD yang nilainya masih rendah untuk mengevaluasi dan menata kembali sehingga bisa menaikkan hasil score saat ini.

“Untuk yang kategori score 60, 70 dan 80 kira kira kita bisa dinaikkan tidak ya Bapak ibu,” ujarnya di hadapan para pejabat dan pelaksana di jajarannya.

Permintaan untuk meningkatkan score oleh pemimpin apel tersebut kemudian disanggupi secara serentak oleh peserta apel pagi dengan jawaban “Bisa”.

Dalam kesempatan itu Mansur mengajak semua jajarannya untuk bersinergi dalam rangka mengembalikan kembali penilaian dari BPK RI dimana Kabupaten Pemalang mengalami penurunan yakni yang semula mendapat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada tahun ini turu menjadi Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

“Saya minta tolong. Mari kita bersama sama bagaimana mengembalikan kembali predikat yang sudah dicapai, jangan sampai penilaian tahun 2023 sama dengan penilaian sekarang,” tuturnya.

Dalam memberikan semangat kepada jajarannya, Ia bahkan mengungkapkan sejumlah unsur dari hasil penilaian BPK yang dapat mengurangi hasil penilaian terhadap Pemkab Pemalang.

“Dan banyak penilaian – penilaian yang terkait dengan kedisiplinan dalam pelaporan, Sakip, dan akuntabilitas,” ungkapnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top