Wujudkan Good Governance, Pemkab Pemalang Siap Terima Kritikan Masyarakat

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Dalam rangka mewujudkan good governance, Pemerintah Kabupaten Pemalang bakal terbuka terhadap kritikan dari masyarakat. Bahkan Pemkab menanti-nanti kritikan masyarakat.

Itu disampaikan Plh Bupati Pemalang, Mohammad Sidik, saat kegiatan membangun kemitraan Pemda dengan komunitas masyarakat yang digelar Diskominfo di salah satu warung makan di Bojongbata, Pemalang, Kamis 15 Juni 2023.

Sidik menjelaskan, good Governance meliputi tiga unsur yaitu pemerintahan, swasta / badan usaha dan unsur kelompok-kelompok masyarakat. Sedangkan prinsip prinsip yang perlu dikembangkan yakni transparansi, akuntabilitas dan partisipatif.

“Kehadiran Bapak ibu di sini adalah dalam rangka memenuhi transparansi jadi kita harus transparan kepada semua masyarakat.” kata Sidik.

“Panjenengan juga transparan ke kita dalam menyampaikan informasi informasi di lapangan sehingga bisa jadi pertimbangan kami dalam menentukan kebijakan,” lanjutnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka Pemkab Pemalang kini bakal terbuka terhadap kritikan dari masyarakat. Bahkan menurut orang yang juga menjabat Pj Sekda Pemalang ini, Pemkab siap menunggu kritik dari masyarakat.

“Kalau kami sudah mau menunggu kritik berarti kami sudah bekerja sebaik mungkin, kecuali kalau kami tidak menerima kritik berarti ada sesuatu yang ditutup tutupi,” tegasnya.

Lebih lanjut Sidik mengaku Pemkab Pemalang saat ini masih banyak kekurangan di sana-sini yang harus dibenahi. Namun perlu disadari bersama bahwa itulah kondisi Pemalang saat ini yang musti diperbaiki.

Sementara Plt Kadiskominfo Kabupaten Pemalang, Joko Ngatmo, selaku penyelenggara menjelaskan kegiatan ini sebagai media Komunikasi Pemerintah Kabupaten Pemalang. Selain itu juga untuk menumbuhkan sinergitas serta menyatukan visi Kabupaten Pemalang.

Kegiatan ini menjadi ajang untuk menyamakan persepsi dan koordinasi Pemerintah Daerah dengan Komunitas yang ada di Kabupaten Pemalang, menggali data dan informasi permasalahan, serta peningkatan kapasitas publikasi bersama komunitas.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!