PGOT di Pemalang Diberi Wawasan Kebangsaan

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Warga Panti Sosial Pengemis, Gelandangan, dan Orang Terlantar (PGOT) di Kabupaten Pemalang diberi pembinaan wawasan kebangsaan. Pembinaan ini diharapkan membangkitkan semangat kebangsaan mereka.

Penghuni Rumah Pelayanan Sosial PGOT Karya Mandiri Pemalang itu dibina langsung oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pemalang di Aula Panti Sosial setempat, Selasa 21 Februari 2023.

Kepala Bidang Kesatuan Bangsa Bakesbangpol Pemalang, Sobirin, hadir menjadi narasumber. Puluhan warga PGOT mendapat pemaparan terkait implementasi kesatuan kebangsaan dalam kehidupan mereka.

“Kita ingin menyampaikan informasi sekaligus motivasi, bahwa mereka itu diakui oleh negara. Terbukti dengan pemerintah memfasilitasi kegiatan mereka.” tutur Sobirin.

Disamping itu, jelas Sobirin, pembinaan ini juga upaya untuk membangkitkan semangat kebangsaan serta rasa percaya diri para PGOT di panti sosial tersebut. “Jadi jangan sampai mereka itu mengkerdilkan diri,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Panti Pelayanan Sosial, Koeswono, berharap pembinaan tentang kesatuan bangsa ini mampu menguatkan semangat kebangsaan warga panti yang dinilai acuh terhadap nilai-nilai tersebut, karena keterbatasan mereka.

“Kita ingin tancapkan kembali nilai-nilai kebangsaan kepada mereka, apalagi ini momennya menjelang pemilihan umum (Pemilu),” terang Koeswono.

Sinergitas yang terjalin antara pengurus panti dengan pemerintah daerah, kata Koeswono, juga diharapkan bisa membawa angin segar bagi PGOT penghuni panti terkait nasib mereka setelah rampung menjalani masa pembinaan.

“Semoga kita bisa dilirik dan pengusaha jadi mau menampung warga kami untuk bekerja dengan mereka dengan skill yang kami bekali. Agar mereka tak balik menggelandang lagi.” ungkap Koeswono.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini