Monumen Nanas di Pemalang Bakal Diganti Patung Kyai Makmur, Begini Tanggapan Warga

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Rencana penggantian Monumen Nanas di Alun-alun Kabupaten Pemalang dengan patung tokoh ulama yang juga Bupati Pemalang ke-tiga, Kyai Makmur, mendapat pro-kontra dari masyarakat Kota Ikhlas.

Mereka yang setuju menganggap ikon di pusat kota itu perlu dirombak karena pertimbangan estetika. Sementara warga yang menolak berdalih, nanas madu sudah kadung terkenal sebagai ciri khas Pemalang.

“Lebih bagus diganti patung Kyai Makmur daripada nanas, direhab saja karena dulu kolam sekitarnya juga hanya dijadikan tempat mandi anak-anak.” ungkap Ardi, Satpam Masjid Agung Pemalang, Rabu 11 Januari 2023.

Hal senada dituturkan Lughni, pedagang di sekitar Alun-alun Kabupaten Pemalang. Dirinya sepakat jika Monumen Nanas bakal diganti dengan patung Kyai Makmur atau tokoh siapapun yang memiliki kontribusi dalam sejarah Kabupaten Pemalang.

“Oh iya, udah sempat baca sih di berita. Kalau menurut saya boleh saja diganti patungnya, diganti jadi tokoh-tokoh pahlawan yang punya sejarah di Kabupaten Pemalang, daripada patung nanas.” ujar warga Moga Pemalang itu.

Sementara itu pendapat kontra disampaikan, Fitri, pengunjung Alun-alun Pemalang. Menurutnya, Monumen Nanas tak perlu diganti dan tetap bercokol ditengah-tengah pusat kota itu, karena sudah menjadi ciri khas Kabupaten Pemalang.

“Menurut saya bagusan monumen nanas ini, karena hasil nanas ini sudah diekspor ke luar negeri, menjadi produk unggulan dan terkenal sebagai identitas ciri khas Pemalang.” tuturnya.

“Kalo patung Kyai Makmur lebih baik ditaruh dibagian jalan depan Pasar Swalayan, agar lebih dilihat banyak orang dari arah jalan.” imbuh Fitri kepada puskapik.com.

Lain halnya dengan Abas, yang sehari-harinya menjadi juru parkir di sekitar Alun-alun Kabupaten Pemalang. Menurutnya, pemerintah tak perlu repot-repot mencopot Monumen Nanas dan membangun patung Kyai Makmur.

“Lebih baik patung yang di depan Swalayan dikembaliin seperti dahulu dan patung nanas di letakan di depan Swalayan, patung itu kan udah jadi simbol pahlawan yang memperjuangkan Pemalang.” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Monumen Nanas Madu di Alun-alun Kabupaten Pemalang rencananya bakal diganti monumen tokoh ulama sekaligus mantan Bupati Pemalang, Kyai Makmur, setelah mendapat saran tokoh masyarakat.

“Iya benar nanti disitu (tempat monumen nanas) akan dibangun monumen patung pahlawan Kabupaten Pemalang yaitu Bupati Pemalang Kyai Makmur.” ujar Mansur Hidayat, Plt Bupati Pemalang, Selasa 3 Januari 2023.

Monumen Nanas Madu ditengah-tengah Alun-alun Kabupaten Pemalang itu, kata Mansur, nantinya akan dipindahkan ke tempat yang lebih strategis seperti gerbang masuk kota ataupun exit tol.

Meski sudah direncanakan, ia menjelaskan keputusan penempatan patung monumen itu tetap ditangan masyarakat Pemalang. Segala saran dan masukan masyarakat terkait rencana tersebut akan didengarkan dan dipertimbangkan.

Penulis : Nailil Inayah, Minarni Salisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top