Dualisme KNPI di Pemalang Bakal Dimediasi, Rinaldi : KNPI Saya yang Benar

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Peringatan hari Sumpah Pemuda ke-94 di Kabupaten Pemalang diwarnai isu dualisme organisasi kepemudaan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) antara kubu Rinaldi dan kubu Bobby Dewantara.

Isu dualisme ini kembali mencuat setelah KNPI kubu Rinaldi aktif dan terlibat dalam kegiatan Pemerintah Kabupaten Pemalang, seperti pada Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Halaman Kantor Bupati Pemalang, Jumat 28 Oktober 2022

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Pemalang, Rinaldi Firdaus Kautsar, mengungkapkan, dalam waktu dekat pihaknya bakal mengajukan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

“SKT sudah kami urus dan di tingkat Jawa Tengah kemarin yang terbaru juga ada Musda. Rencana Senin kita ajukan SKT ke Bakesbangpol Pemalang.” ujarnya, saat ditemui wartawan usai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda itu.

Dituturkan Rinaldi, dirinya sudah mendapat arahan dari Kepala Disparpora Pemalang, Mualip, bahwasanya kedua kubu KNPI di Kabupaten Pemalang akan dimediasi. “Intinya nanti mau dimediasi, bagaimana solusinya nanti.” ujarnya.

“Sekilas Pak Mansur (Plt Bupati) juga secara tersirat menyampaikan ke Pak Mualip bahwa KNPI yang benar itu ya KNPI-nya saya.” imbuh pria yang juga anggota DPRD Pemalang itu.

Selain itu, kata Rinaldi, pihaknya juga akan segera mengambil alih Kantor Sekretariat KNPI Kabupaten Pemalang di Jalan Pemuda Kelurahan Mulyoharjo yang saat ini dikuasai KNPI kubu Muhammad Bobby Dewantara.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Pemalang, Muhammad Bobby Dewantara, mengaku belum mengetahui soal wacana mediasi tersebut.

“Saya masih menunggu arahan dari Pak Mansur untuk kedepannya. Kalau memang ada evaluasi atau apa ya monggoh, saya menunggu arahan dari Pak Mansur seperti apa.” ungkapnya kepada Puskapik.com via telepon.

Seperti diketahui, isu dualisme KNPI di Kabupaten Pemalang sempat ramai pada awal 2021 lalu. Dimana KNPI kubu Rinaldi dan kubu Bobby Dewantara sama-sama menggelar Musyawarah Daerah (Musda).

Kubu Rinaldi merupakan KNPI DPW Jawa Tengah, Tino Indra Wardono, yang kini telah diganti Casytha Arriwi Kathmandu. Sementara KNPI kubu Bobby Dewantara di bawah kepengurusan Ketua DPW Jawa Tengah, Nur Wahid.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top