Dapat Hibah AIHSP, PMI Pemalang Vaksinasi Belasan Ribu Dosis

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pemalang mendapat hibah dari Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP) untuk program percepatan vaksinasi Covid-19.

“PMI Kabupaten Pemalang mendapatkan alokasi untuk mendistribusikan vaksin sejumlah 16.000 dosis dalam program ini.” tutur Ketua PMI Kabupaten Pemalang, Akhmad Patah, Rabu 11 Mei 2022.

Kabupaten Pemalang, kata Patah, menjadi satu diantara 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah yang mendapat dukungan program percepatan vaksinasi Covid-19 dari AIHSP.

PMI Kabupaten Pemalang sudah menyiapkan pelaksanaan program ini sejak April 2022 lalu, berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan seluruh fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes).

“Pelaksanaan program vaksinasi dukungan AIHSP ini dilaksanakan di 25 Puskesmas Se kabupaten Pemalang dalam waktu enam bulan dari 29 April sampai 30 September 2022,” kata Patah.

Masing-masing puskesmas mendapat alokasi 640 dosis vaksin. Penyuntikan vaksinasi dilakukan tenaga kesehatan dari Puskesmas dan petugas PMI mengelola bagian administrasi peserta vaksin.

“Sasaran vaksinasi ini utamanya warga lanjut usia (Lansia), disabilitas, comorbid dan masyarakat miskin, baik vaksin dosis 1, vaksin dosis 2 dan vaksin 3 (booster),” terang Patah.

Akhmad Patah mengimbau kepada warga masyarakat kabupaten Pemalang yang belum melaksanakan vaksinasi, untuk segera melaksanakannya di Puskesmas terdekat.

“Vaksinasi Covid-19 ini memiliki banyak manfaat diantaranya meningkatkan kekebalan tubuh dari paparan Covid-19 serta mencegah mutasi baru dari Covid-19.” imbuh Patah.

Harapannya program vaksinasi ini dapat membantu menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas kesehariannya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!