Belum Ditemukan, ABK KM Jatiayu Tenggelam di Laut  

PUSKAPIK.COM, BREBES – Anak Buah Kapal (ABK) KM Jati Ayu, Radis (50 Tahun) alamat RT.03 RW. 02 Desa Krakahan, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, Rabu,23 Maret 2022 pukul 19.40 WIB tercebur ke laut. Hingga saat ini TIM SAR Brebes dibantu Tim Basarnas Cilacap melakukan pencarian namun belum menemukan korban.

Kronologinya,  menurut saksi Rusdi nahkoda kapal (31 tahun), pada insiden tersebut KM Jatiayu berlayar untuk mencari ikan di sekitar wilayah perairan Prapag Lor  Losari  Brebes kurang lebih 1.5 Mil dari Darat. Saat itu, sekitar pukul 11.00 WIB korban bermaksud buang air besar di Buritan Kapal. Selang tidak begitu lama, ada teriakan dari salah satu ABK lainya, bahwa korban jatuh dan hanyut ke laut, karena korban tidak bisa berenang dan dalam keadaan sakit akhirnya tenggelam.

Sempat salah satu ABK yang bernama Seri (60 tahun} terjun dan bermaksud menolong tapi terlepas dan hanya mendapatkan penutup kepala (topi). Setelah dicari selama kurang lebih 5 jam korban tidak ditemukan akhirnya melaporkan kejadian ke pihak yang berwenang ke HNSI dilanjutkan ke SAR Kabupaten Brebes.

SAR Brebes selanjutnya melakukan Opsar Gabungan dimulai pukul 09.00 WIB dan dibagi menjadi 2 (dua), dari Basarnas Cilacap dan BPBD Brebes dan PMI Brebes melakukan titik penyisiran dari Desa Prapag Lor Kecamatan Losari dengan menggunakan dua  perahu karet menuju arah Barat sampai Muara Sungai Cisanggarung Losari Brebes.

Satu regu lagi, SAR Brebes dan para nelayan serta warga setempat menggunakan KM Jati Ayu milik Jured dan beberapa perahu nelayan, mulai titik penyisiran dari TPI Desa Krakahan Kecamatan Tanjung menuju ke arah LKP sejauh kurang lebih 3 jam perjalanan. Di Lokasi kejadian penyisiran dibagi menjadi 3 kelompok.

Kelompok 1 menyisir kearah barat menggunakan perahu nelayan kelompok ke 2 menyisir ke arah timur sedangkan kelompok 3 menyisir di sekitaran lokasi kejadian selama 2 Jam menggunakan KM Jati Ayu. Sejauh ini survivor belum ditemukan. Namun untuk sementara Opsar Gabungan ditutup Pkl. 17.00 WIB dan akan dilanjutkan besok.

Editor: Embong Sriyadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top