Perumda Tirta Mulia Pemalang Targetkan Pulosari Nikmati Air Bersih 2023

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang bersiap membangun bak reservoir di Kecamatan Pulosari untuk mengatasi krisis air bersih di wilayah setempat. Nantinya, air bersih dipasok dari mata air lembeyan di Kabupaten Banyumas.

Perusahaan umum daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mulia Pemalang, Kamis 10 Februari 2022, melaksanakan penandatanganan kerjasama (MoU) rencana pembangunan bak reservoir di Desa Batursari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang.

MoU tersebut ditandatangani Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang, Slamet Effendi, serta Administratur Perum Perhutani/KKPH Banyumas Timur, Cecep Hermawan, dan Administratur Perum Perhutani/ KKPH Pekalongan Barat, Gunawan Catur.

“Ini adalah proses untuk memperkuat secara aturan (perizinan) di Kementerian Lingkungan Hidup. Memang prosesnya ada MoU, dokumen Amdal, sebagai persyaratan air itu bisa dimanfaatkan,” kata Slamet Effendi.

Slamet Effendi mengungkapkan, masyarakat Pulosari dan Belik juga sudah menanti-nanti pasokan air bersih ini. Mereka berbondong-bondong siap mendaftar untuk mendapat pasokan air bersih dari Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang.

“Selama ini masyarakat Pulosari dan Belik kesulitan mendapatkan air bersih, mudah-mudahan di tahun 2023 nanti pekerjaan sudah selesai semua dan bisa menikmati air bersih,” ujarnya.

Sementara itu administratur Perum Perhutani/KKPH Banyumas Timur, Cecep Hermawan, menuturkan, pihaknya mendukung pemanfaatan mata air Lembeyan di untuk wilayah Pemalang selatan yang selama ini krisis air bersih.

“Yang penting hutannya di atas aman dan lestari, kalau hutannya terjaga kan airnya keluar, kebetulan di wilayah Baturaden kan masih bagus, debit airnya juga masih banyak, airnya melimpah,” ujar Cecep Hermawan.

Sebagai informasi, mata air Lembeyan itu berada di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Mata air ini dipilih untuk memasok air bersih di Pulosari dan Belik karena dilihat dari tata letaknya dan ketinggian daerahnya.

Dalam MoU itu, Bupati Pemalang yang diwakili Kabag Perekonomian, Agus Ikmaludin, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pembangunan jaringan air bersih di wilayah Kecamatan Pulosari dan Belik ini.

“Saya sungguh berharap dengan adanya kerjasama pembangunan jaringan air baku dan bak reservoir ini, dapat mengatasi masalah air bersih dan kekeringan yang terjadi setiap tahun di Kecamatan Pulosari,” ujarnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!