Offroader Papan Atas Bakal Ramaikan Pemalang Soda Racing

0
Lomba offroad, Pemalang Soda Racing bakal digelar di Sirkuit Benowo Park, Penggarit Kecamatan Taman, Pemalang. FOTO/DOK.BGundal Squad

PEMALANG (PUSKAPIK) – Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah agaknya menjadi magnet bagi penggila olahraga ekstrem, offroad. Sebuah even bertajuk Pemalang Soda Racing bakal jadi ajang berkumpulnya offroader se-Tanah Air menjajal track di Sirkuit Benowo Park, Penggarit Kecamatan Taman, Pemalang.

Akhmad Fatah, Ketua Pelaksana Pemalang Soda Racing, mengungkapkan, saat ini offroader yang sudah mendaftar sebanyak 60 starter dan diperkirakan saat even digelar bisa mencapai 90 hingga 100 starter. Mereka berasal dari berbagai provinsi, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta, Banten, dan kota-kota di sekitar Bali, Kalimantan, Sumatera Lampung, dan sebagainya.

“Bakal seru karena offroader papan atas sudah menyatakan siap turun gelanggang ke Pemalang,” kata Fatah dalam keterangan pers kepada awak media, Senin (30/12/2019).

Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Indonesian Offroad Federation (IOF) Kabupaten Pemalang, Heru Kundhimiarso berharap kehadiran offroader papan atas nasional akan membawa kebangkitan offroader Pemalang agar berani tampil di pentas nasional.

“Dengan adanya even ini diharapkan offroader Pemalang bisa belajar banyak dan menimba pengalaman. Sehingga nantinya offroader Pemalang bisa diperhitungkan lagi di dunia kompetisi adventure offroad nasional,” katanya.

Lokasi lomba yang digunakan adalah Sirkuit Benowo Park, sekitar 3 kilometer dari Pusat Kota Pemalang. Perlombaan menggunakan Regulasi IOF dan dimulai Sabtu hingga Minggu (18-19/1/2020) dengan total lima SS.

“Hari Sabtu akan dimainkan 3 SS sekaligus dan Minggu 2 SS sekaligus,” kata Asnan Tengil, Pimpinan Lomba event Pemalang Soda Racing.

Pemalang Soda Racing merupakan hasil kerja sama Pemkab Pemalang, IOF, dan Puskapik Production. Even ini juga bagian dari rangkaian perayaan Hari Jadi Kabupaten Pemalang ke-445 yang memperebutkan Piala Bupati dengan total hadiah uang puluhan juta rupiah.

Pemkab Pemalang sangat mendukung kegiatan ini terbukti hampir semua instansi dilibatkan, termasuk dari Kodim dan Polres. Even offroad dinilai mempunyai dampak positif untuk perkembangan wisata kreatif daerah.

“Pemalang Soda Racing akan jadi agenda tahunan dan skala even dibuat lebih besar lagi. Untuk even kali ini, rencananya juga akan menjadi even Kejuaraan Daerah (Kejurda) Offroad Competition seri pertama,” kata Kundhi. (FM)