BOR Rumah Sakit Hampir Penuh, Begini Antisipasi Pemkab Tegal

0
FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – Bed Occupancy Rate (BOR) di sejumlah rumah sakit di Kabupaten Tegal mengalami kenaikan, bahkan hampir penuh seiring melonjaknya pasien Covid-19. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Hendadi, menyebut, kenaikan BOR terjadi setiap hari.

“Memang ini terjadi peningkatan, BOR nya naik 68 persen. Setiap hari naik,” kata Hendadi kepada wartawan, Kamis siang, 17 Juni 2021.

Hendadi menjelaskan, akan ada penambahan ruang isolasi di sejumlah rumah sakit untuk mengantisipasi terus melonjaknya pasien Covid-19.

“Kita tambah ruang isolasinya supaya semuanya bisa terlayani di rumah sakit,” ujar Hendadi.

Hendadi mengungkapkan, penambahan tempat tidur ruang isolasi akan dilakukan di RSUD Soeselo, RS Mitra Siaga, PKU Muhammadiyah dan RS Harapan Sehat. Kecuali RSUD Suradadi tidak ada penambahan tempat tidur ruang isolasi karena telah tersedia 123 tempat tidur, dan baru terpakai 50 persen.

“Soeselo rencana nambah 20 tempat tidur ada 6 tempat tidur ICU , Mitra Siaga dalam minggu ini nambah 18 tempat tidur, PKU Muhammadiyah nambah 10 tempat tidur, Harapan Sehat nambah 10 tempat tidur,” rinci Hendadi.

Menurut Hendadi, meski trennya naik namun tidak sampai ngetril tajam. Hendadi mengatakan, pihaknya sedang menekan kenaikan agar landai bahkan bisa menurun. Namun, kata Hendadi, selama kabupaten kota sekitar masih tinggi pihaknya berusaha untuk meminimalkan trennya.

“Karena gak mungkin kita langsung turun sekitarnya pada naik kan gak mungkin. kita masih masuk ranking 5, tiap harinya fluktuatif,” tandasnya.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini