Pemdes Tasikrejo Janjikan Relokasi Rumah Nenek Telantar di Pesisir Ulujami Pemalang

0
Kades Tasikrejo Sopiyudin, dan Kapolsek Ulujami AKP Suryadi saat memberikan bantuan ke nenek Mur Wiri di gubuk reotnya di pesisir Pantai Desa Tasikrejo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Sabtu, 24 April 2021. FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Dua nenek yang tinggal di gubuk pesisir Pantai Desa Tasikrejo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, sudah mulai mendapatkan perhatian dari pemerintah. Nenek Mur Wuri (62) dan Danusri (63) tengah diupayakan untuk mendapat bantuan agar dipindah ke lokasi layak huni.

Seperti diketahui, kedua nenek tersebut mengalami nasib pilu dengan kondisi memprihatinkan, dan belakangan ramai diberitakan media. Keduanya tinggal di gubuk pesisir Pantai Tasikrejo, yang tiap malam terendam ketika air laut pasang (rob).

Mur Wiri merupakan janda tua sebatang kara yang sudah menetap di lokasi tersebut sejak 1999. Gubuk reot tempat tinggalnya, hanya seukuran 2 x 4 meter, tanpa lampu penerangan, hanya menunggu lampu solar dari tetangganya Danusri.

Kondisi fisiknya juga memprihatinkan, matanya sudah rabun, dan ada benjolan di lehernya.

Sementara itu, nasib serupa juga dialami Danusri bersama suaminya, yang tinggal di dekat Mur Wiri. Gubuk tempat tinggal mereka juga kerap terendam air laut.

Danusri hanya mengandalkan penghasilan suaminya, dari mencari ikan dengan memasang jaring di pinggiran laut. Hasilnya dibagi dua, untuk lauk makan dan dijual untuk membeli beras.

Keduanya mengaku belum lagi mendapatkan bantuan dari Pemerintah, terakhir mereka mendapat bantuan sebesar Rp600.000 selama 3 bulan.

Kepala Desa Tasikrejo, Sopiyudin, menuturkan, pemerintah desa sudah mendaftarkan 2 rumah tersebut ke Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian PUPR untuk bedah rumah atau bantuan RTLH.

“Ikutnya kloter kedua, insyaAllah September 2021. Satu rumah itu 20 Juta, dengan 2,5 Juta untuk upah tukang, itu dengan bantuan stimulan,” kata Sopiyudin, Sabtu, 24 April 2021.

Nantinya saat mendapat bantuan tersebut, rumah nenek Mur Wiri dan Danusri akan dipindah di lokasi yang layak huni dan dekat pemukiman warga, diatas tanah desa. “Kemudian juga kami ajukan bansos ke BAZNAS, ini juga dalam proses,” kata Sopiyudin.

Perhatian juga datang dari Polsek Ulujami, sejumlah bantuan sembako diberikan ke Mur Wiri dan Danusri, dengan harapan dapat meringankan beban keduanya.

Diberitakan sebelumnya, Jumat 23 April 2021, kisah pilu dialami dua nenek di Desa Tasikrejo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang. Keduanya tinggal di gubuk pesisir pantai yang terendam air laut tiap malam. Yang lebih menyedihkan sekarang keduanya tak mendapat bantuan dari pemerintah lagi.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini