Ramadan, Hasil Tangkap Ikan Nelayan Kota Pekalongan Meningkat

0
Kapal nelayan bersandar di TPI Kota Pekalongan. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Bulan Ramadan ini hasil tangkap ikan mengalami kenaikan, pasalnya cuaca di Kota Pekalongan mendukung nelayan untuk berlayar. Rata-rata harga ikan pun naik tipis kisarab Rp1.000-Rp2.000.

Hal ini diungkapkan Kepala TPI Kota Pekalongan, Mochtar Sanusi saat dikonfirmasi melalui telepon, Selasa, 20 April 2021. “Di TPI Kota Pekalongan saat ini hasil tangkapnya berupa ikan kembung, tongkol, dan layang. Ada juga banyar, layur, dan cumi,” kata Mochtar.

Disebutkan bahwa bulan lalu harga ikan rata-rata Rp15.000, sedangkan bulan ini Rp16.000. Harganya mengalami sedikit kenaikan. “Untuk harga ikan saat ini yakni ikan layang Rp20.000, cumi Rp45.000 banyar Rp30.000, dan layur Rp23.000,” tutur Mochtar.

Harga ikan bulan Ramadan tak meningkat signifikan, termasuk jelang Idul Fitri nanti. Saat Lebaran konsumsi tertinggi masyarakat adalah daging ayam. “Saat Idul Fitri nanti juga tak ada aktivitas pelelangan, nanti usai Lebaran pelelangannya,” kata Mochtar.

Ramadan memang tak mempengaruhi harga ikan. Yang mempengaruhi harga ikan adalah jumlah hasil tangkapan. Jika melimpah harga ikan murah dan sebaliknya jika hasil tangkapan sedikit harga ikan akan melonjak.

Mochtar menjelaskan, saat ini hanya kapal kecil di TPI Kota Pekalongan yang setiap harinya membawa hasil 2-3 ton ikan. Kapal besar kesulitan berlabuh karena adanya pengerukan. “Mudah-mudahan situasi ini kembali pulih. Kami terus lakukan koordinasi kaitannya dengan pengerukan,” kata Mochtar.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini