TP PKK Kota Pekalongan Salurkan Bantuan Kebutuhan Dasar bagi Penghuni RPSBM

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Pekalongan menyalurkan bantuan kebutuhan dasar bagi para penghuni Rumah Perlindungan Sosial Berbasis Masyarakat (RPSBM) di Jalan HOS Cokroaminoto, Kota Pekalongan, Senin sore, 15 Maret 2021. Bantuan berupa sembako, peralatan mandi, obat-obatan, dan lainnya diserahkan Ketua TP-PKK Kota Pekalongan Inggit Soraya dan Wakil Ketua TP-PKK Kota Pekalongan Istiqomah kepada Kepala RPSBM, Syafrizal Munir.

Inggit Soraya mengungkapkan, TP-PKK Kota Pekalongan, khususnya Pokja I bersyukur bisa melakukan kunjungan perdana ke RPSBM. Selain memberikan bantuan, kunjungan ini juga untuk silaturahmi sekaligus meninjau kondisi di RPSBM.

“Ahamdulillah hari ini TP-PKK Kota Pekalongan, khususnya Pokja 1, bisa berkunjung memberikan sedikit bantuan kepada orang-orang yang tinggal di RPSBM ini untuk membantu keberlangsungan pemenuhan kebutuhan bagi mereka,” kata Inggit.

Ia berharap bantuan yang diberikan bisa bermanfaat bagi para penghuni maupun pengurus RPSBM. Seperti diketahui, RPSBM merupakan tempat persinggahan bagi sesorang dengan masalah kesejahteraan sosial di Kota Pekalongan. Selain penderita gangguan jiwa, beberapa penyandang sosial lainnya juga ditampung di tempat tersebut, antara lain jompo telantar, gelandangan, dan pengemis.

Dalam kunjungannya, Inggit dan rombongan anggota TP-PKK Kota Pekalongan lainnya, juga melihat karya kreativitas dari para penghuni lansia.

“Menurut informasi dari pengurus RPSBM, tempat ini dihuni oleh sekitar 61 orang terdiri dari orang yang mengalami gangguan kejiwaan sebanyak 40 orang dan sisanya merupakan lansia dan orang-orang terlantar lainnya. Kami juga kagum ternyata para lansia diberdayakan untuk membuat kerajinan tangan yang hasilnya bagus-bagus seperti taplak meja, tutup galon, tas, masker, dan sebagainya. Kami berharap kreativitas mereka ini bisa semakin lebih bagus lagi ke depannya,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Istiqomah. Ia merasa senang dan tersentuh bisa bercengkrama dengan para lansia dan meninjau aktivitas yang dilakukan oleh mereka dalam mengisi waktu luang. Ia berharap, kegiatan bakti sosial (baksos) dari TP-PKK Kota Pekalongan khususnya Pokja 1 ini bisa terus berlanjut dan menyentuh ke seluruh kalangan yang ada di Kota Pekalongan.

“Mudah-mudahan, kunjungan ini bukan hanya yang pertama kali, dan ke depan kegiatan baksos serupa ini bisa dilanjutkan di berbagai kalangan masyarakat,” katanya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!