Aplikasi ‘Sitirta’ Perumda Tirta Mulia Pemalang Sabet 10 Top Inovasi Pelayanan Publik

0
Direktur Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang, Slamet Efendi (tengah), bersama jajarannya.FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang mendapatkan penghargaan 10 besar paling ngetop mengenai Kompetensi Inovasi Pelayanaan Publik (KIPP) se-Kabupaten Pemalang. Penghargaan tersebut diberikan oleh Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo di Pendopo Kabupaten Pemalang.

Penghargaan Top Inovasi pelayanan Publik Kabupaten Pemalang salah satunya diterima oleh Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang dengan inovasinya, aplikasi Sistem Informasi Terpadu Tirta Mulia (Sitirta).

Tropi dan piagam KIPP itu diserahkan langsung oleh Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, kepada Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang, Slamet Efendi, Rabu 3 Maret 2021 kemarin, di Pendopo Kabupaten Pemalang.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang,Slamet Efendi, Kamis 4 Maret 2021, mengatakan, KIPP merupakan langkah strategis untuk menjaring inovasi pelayanan publik yang dilahirkan oleh instansi pemerintah dan BUMN/D. KIPP telah digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sejak tahun 2014.

Menurut Slamet Efendi, pembinaan inovasi tidak berhenti pada kompetisi, namun juga meliputi pengembangan inovasi melalui transfer pengetahuan atau replikasi inovasi pelayanan publik, serta pelembagaan inovasi tersebut agar berkelanjutan, sehingga tujuan percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik dalam rangka mendorong capaian reformasi birokrasi dapat segera terpenuhi.

Inovasi Sitirta yang dimiliki Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang merupakan aplikasi yang saat ini bersiap untuk mewakili Kabupaten Pemalang dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Propinsi dan Tingkat Pusat Tahun 2021.

“Semoga Sitirta yang merupakan inovasi karya asli SDM Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang dapat memberikan hasil terbaik bagi Kabupaten Pemalang, ” kata Slamet Efendi.

Ia pun mengucapkan terimakasih yang setinggi tingginya pada pemerintah kabupaten Pemalang yang telah memberi kepercayaan dan memberikan penghargaan pada Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang mudah-mudahan akan menjadikan pemicu semangat bagi kami dalam melakukan pelayanan pada pelanggan lebih baik lagi lebih profesional dan dapat memberikan pelayanan yg prima.

” Kami selalu mengharap dukungan Pemkab kabupaten Pemalang agar dapat membantu mempercepat mewujudkan program program atau visi misi bupati dan wakil bupati menjadikan Pemalang AMAN, Adil,Makmur,Agamis, dan Ngangeni,” ujarnya.

Selain Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang, penghargaan inovasi publik itu juga disabet oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU-TR) Kabupaten Pemalang melalu inovasinya Pengendalian Multi Proyek (Pimpro), penghargaan ke-tiga yaitu Puskesmas Rowosari Kecamatan Ulujami pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang melalui inovasinya Sibolang Mahir Plus-plus ((Sibuah Hati Lahir Bawa Pulang Membawa Akta Kelahiran Plus KK & KIA Plus JKN-KIS).

Penghargaan ke-4 diraih oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Kabupaten Pemalang melalui inovasinya Sistem Pendaftaran Rusunawa Secara Online (Simpenrusa), penghargaan ke-5 yaitu Dinas Sosial Kabupaten Pemalang melalui inovasinya Cegah Stun Dengan Kartu Kembang Anak Itu Penting (Cetiing Kepiting). Ke-6 yaitu diraih oleh Puskesmas Kalimas Kecamatan Randudongkal dengan inovasinya Gerakan Bersama Baca Buku KIA Untuk Menekan Angka Kematian Ibu (Gebrak Kaki di Posyandu)

Sementara itu penghargaan ke-7 diraih oleh Desa Cawet Kecamatan Watukumpul dengan inovasi ga Basis Terpadu Keterbukaan Data Desa Cawet (Buka Cawet), ke-8 diraih oleh Puskesmas Petarukan dengan inovasinya Akan Menikah Mengerti Stunting (Ani Tingting), ke-9 yaitu Dinas Penanaman Modan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Pemalang melalui inovasinya gerai Penanaman Modal Sebuah Peningkatan Investasi PMA dan PMDN dan penghargaan ke-10 diraih oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Pemalang melalui inovasinya Mudah,Cepat,Transparan dan Komouterisasi (Udah CeTar Om).

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini