Dinihari Tadi, Tanggul Babakan Jebol, Ketanggungan, Brebes Terendam

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Brebes – Banjir kembali merendam Kecamatan Ketanggungan, Brebes, Jumat 19 Februari 2021. Selain luapan air sungai, banjir ini juga disebabkan tanggul Sungai Babakan yang jebol.

Banjir terjadi mulai sejak Kamis malam. Hingga Jumat dinihari, air masih menggenangi sejumlah desa di Kecamatan Ketanggungan.

“Banjir ini lebih besar dibanding beberapa hari lalu. Sebabnya karena limpasan di Desa Karangmalang dan tanggul jebol di Desa Padakaton. Ada dua titik tanggul yang jebol,” ujar Nuhsy Mansur, Kepala BPBD Brebes kepada wartawan saat meninjau lokasi banjir, Jumat 19 Februari 2021 dinihari tadi.

Untuk desa-desa yang terdampak banjir, kata Kepala BPBD Brebes, meliputi Desa Cikeusal Lor, Kubangsari, Baros, Kubangwungu, Karangmalang, Ketanggungan, Padakaton, Dukuhturi, Buara, Dukuhtengah dan Ciduwet. Selain jalan jalan desa dan provinsi, banjir juga merendam rumah rumah warga.

Bahkan, sambung Nuhsy Mansur, ada yang terpaksa diungsikan ke lokasi yang lebih aman. Mengingat ketinggian air ada yang mencapai 80 Cm, bahkan 1 meter.

“Ada yang sudah mengungsi karena kedalaman air cukup lumayan. Ada yang 80 cm sampai 1 meter, tergantung lokasinya. Tim kami masih melakukan pendataan di lapangan,” sambungnya.

Salah seorang warga korban banjir Rudiono (41) mengaku, banjir kali ini merupakan yang keempat kali. Dua kali pada Januari dan dua kali pada Februari.

“Ini sudah yang keempat. Dua kali di bulan Januari, dua kali Februari. Penyebabnya sama, sungai Babakan meluap atau jebol,” ucap dia.

Penulis : Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

 

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!