Hari Pertama ‘Jateng di Rumah Saja’, Ini Kata Bupati Pemalang

0
Bupati Pemalang, H Junaedi, blusukan menyemprot lapak pedagang pasar dengan disinfektan, Sabtu 6 Febuari 2021.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Bupati Pemalang, H Junaedi, menilai masyarakatnya sudah patuh terhadap pembatasan kegiatan masyarakat ‘Gerakan Jateng di Rumah Saja’. Dilihat dari lengangnya jalanan perkotaan dari aktivitas masyarakat.

Hari pertama Jateng di Rumah Saja, Sabtu 6 Febuari 2021, digunakan Forkopimda Pemalang untuk melakukan penyemprotan pasar perkotaan. Di antaranya Pasar Pagi Pemalang, Pasar Sayur dan Buah Pemalang, serta Pasar Beji.

Bukan hanya pasar, sepanjang jalan Jenderal Sudirman hingga alun-alun juga disemprot disinfektan dengan 2 mobil tangki BPBD dan 1 Watercanon Polres Pemalang.

Dikatakan Bupati Pemalang, H Junaedi, ‘Gerakan Jateng di Rumah Saja’ dua hari ini adalah gerakan bersama untuk membangun kesadaran, keprihatinan, kepedulian dan gerakan bersama menanggulangi wabah Covid-19.

“Sepanjang yang saya tadi pantau, lihat, sepanjang jalan itu nampak lengang. Hanya beberapa orang yang beraktivitas, yang dikecualikan,” ungkap Junaedi.

Komponen masyarakat yang dikecualikan adalah unsur yang terkait dengan sektor esensial, seperti perbankan,kesehatan, dan pelayanan publik.

“Itu kan memang dikecualikan sesuai edaran gubernur, maupun edaran bupati,” tutur Junaedi.

‘Gerakan Jateng di Rumah Saja’ ini juga dibarengi dengan penutupan akses jalan masuk alun-alun Pemalang, yang dilaksanakan selama perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), 25 Januari-8 Febuari 2021.

Penutupan dilakukan tiap hari Sabtu pukul 17.00 sampai dengan 24.00 WIB. Dan hari Minggu, penutupan pukul 05.00 sampai dengan 10.00 WIB.

Bupati menyampaikan, ‘Gerakan Jateng di Rumah Saja’, Sabtu-Minggu, 6-7 Febuari 2021 digunakan untuk penyemprotan disinfektan seluruh fasilitas umum yang rawan kerumunan di Pemalang.

“Pokoknya tempat-tempat umum, terminal,stasiun, dan juga tempat-tempat kerumunan seperti alun-alun. Nanti pada saatnya sampai ke tempat-tempat ibadah, semuanya akan dilakukan penyemprotan.” terang Junaedi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sabtu 6 Febuari 2021, Bupati Pemalang, H Junaedi, bersama Kapolres dan Dandim, serta jajarannya blusukan ke pasar-pasar melakukan penyemprotan disinfektan di hari pertama ‘Jateng di Rumah Saja’. Di tengah-tengah blusukan, mereka membagikan nasi kotak kepada gelandangan maupun warga yang ditemui di jalan.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini