Logistik Pilkada Pemalang Sampai di TPS H-1 Pencoblosan

0
Harun Gunawan, Komisioner KPU Pemalang, Divisi Teknis Penyelenggaraan.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pemalang tengah mempersiapkan semua kebutuhan logistik dalam Pilkada 2020, yang akan digelar 9 Desember mendatang. Dipastikan, semua kebutuhan logistik sudah sampai di Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) atau Tempat Pemungutan Suara (TPS) sehari sebelum pencoblosan.

Itu dikatakan Harun Gunawan, Komisioner KPU Pemalang, Divisi Teknis Penyelenggaraan. Harun menambahkan, seminggu sebelum pencoblosan, logistik sudah sampai ke Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK).

“Ini sedang proses, surat suara besok Sabtu sudah dikirim dari percetakan. Kemudian form-form yang lain juga. Hari ini, kotak suara juga datang, bilik sudah, perlengkapan pendukung lainnya sudah,” kata Harun Gunawan, Rabu 11 November 2020.

Harun menuturkan, material kotak suara dalam Pilkada 2020 ini, serupa dengan Pilpres 2019 lalu, yaitu duplex atau kotak suara kardus yang kedap air. Untuk kertas suara, KPU akan mencetak sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), yaitu 1.106.017 plus 2,5% per-TPS, ditambah antisipasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) sejumlah 2000 lembar.

“Kalau bilik, nanti rencana kita menyediakan empat bilik per-TPS. 3 bilik untuk pemilih dengan kondisi kesehatan normal, kalau suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat celcius ke atas, nanti kami sediakan bilik khusus. Jadi ada empat, 1 bilik khusus, 3 bilik untuk pemilih normal,” terang Harun.

Selain itu, Harun menambahkan, KPU juga menyediakan berbagai sarana prasarana protokol kesehatan pencegahan Covid-19 lengkap di seluruh TPS yang ada di Pemalang, yaitu 3.148 TPS.

“Perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) ya, dari tempat cuci tangan,hand sanitizer, disinfektan, sarung tangan, masker,” jelas Harun.

Termasuk, masker cadangan untuk para pemilih yang lupa tidak membawa masker saat datang ke TPS. KPU Pemalang optimistis, H-1 pencoblosan, dipastikan semua perlengkapan sudah tersampaikan ke TPS.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini