Nonton Yuk! Ini Jadwal Debat Kandidat Pilkada Pemalang

0
Agus Setiyanto, Komisioner KPU Pemalang.FOTO/PUSKAPIK/BAKTIAWAN CANDHEKI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pemalang sudah memutuskan tanggal digelarnya debat publik kandidat Pilkada 2020. Nantinya, debat tersebut akan disiarkan secara langsung di Kompas TV dan LPPL Radio Swara Widuri.

Komisioner KPU Pemalang, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi dan SDM, Agus Setiyanto mengatakan, ajang adu gagasan itu akan berlangsung selama 120 menit. Setelah mempertimbangkan efektivitas waktu, debat publik itu hanya akan digelar satu kali.

“Debat digelar Sabtu 28 November 2020, tepatnya pukul 19.30 WIB,” kata Agus Setiyanto via telepon, Jumat, 6 November 2020.

Rencananya, debat publik itu akan dilaksanakan di R-Gina Hotel, Jalan Raya Pantura, Kecamatan Petarukan, Pemalang. Namun demikian, baik tim pemenangan, relawan, simpatisan pasangan calon, maupun masyarakat umum dilarang melakukan pengerahan massa. Mereka diimbau untuk menyaksikan jagoannya beradu argumen dengan paslon lain melalui layar televisi di rumah masing-masing.

Agus mengatakan, untuk mempersiapkan debat Pilkada itu, KPU juga sudah mengadakan focus group discussion dengan mengundang narasumber dari Dinas Sosial dan Badan Pusat Statistik Pemalang. Selain itu, tokoh masyarakat dan pengurus organisasi keagamaan seperti Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pemalang.

“Sementara ini kan jumlah panelisnya terbatas, maka dari saya ingin di Pemalang membuat diskusi kecil, agar kemudian hasil diskusi ini kita sampaikan ke panelis untuk dikaji lebih detail, lebih fokus,” kata Agus Setiyanto.

Sebelumnya, Agus Setiyanto menuturkan, panelis debat tersebut di antaranya dosen Universitas Diponegoro, Universitas Jenderal Soedirman, IAIN Pekalongan, Universitas Pancasakti, serta tokoh masyarakat Pemalang.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini