Smart City Pekalongan, Big Data Analitycs Dikenalkan

VISUAL/PUSKAPIK/CANDRA SUCIAWAN
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – PT Telkom mengenalkan Platform Big Data Analytics kepada Pemerintah Kota Pekalongan. Kunjungan tim PT Telkom Witel Pekalongan diterima Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) dan Tim Smart City dan Bappeda Pekalongan.

Manajer PT Telkom Witel Pekalongan, Atik Rahmawati Tri Astuti menjelaskan, PT Telkom mendukung smart city melalui big data. “Big data ini sangat penting untuk pemerintahan, melalui big data pemerintah akan dapat menganalisis dan membuat solusi untuk kebijakan,” papar Atik, Jumat 3 Juli 2020.

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

Atik menyebutkan, big data dapat dimanfaatkan untuk UMKM, kegiatan smart city, lalu lintas, CCTV, dan sebagainya. “Nanti kita support big data ini agar bisa menyeluruh mulai dari prediktif, perspektif, dan analitik. Big data analitik ini seperti satu data. Data yang tersebar akan dijadikan satu. Nanti ada semacam platform untuk dashboardnya,” kata Atik, Jum’at.

Misalnya untuk data pendidikan, UMKM, pertanian, perdagangan, dan sebagainya datanya bisa diolah dan dimanfaatkan masyarakat serta government untuk membuat kebijakan dalam suatu bidang.

Kepala Dinkominfo, Yos Rosyidi menyebut, sejak 2018 Kota Pekalongan terpilih sebagai salah satu kota di Indonesia dalam program gerakan menuju 100 Smart City. Dukungan dari PT Telkom dengan big data analitycs akan sangat membantu percepatan implementasi smart city di Kota Pekalongan.

“Meskipun demikian secara internal kami akan mengidentifikasi terlebih dahulu hal-hal yang dibutuhkan oleh Kota Pekalongan untuk kemudian didiskusikan kembali dengan Tim PT Telkom,” ujar Yos.

Kontributor : Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

Iklan

Tinggalkan Balasan