Sepekan Dibuka, Sektor Pariwisata Pemalang Mulai Menggeliat

0
FOTO/PUSKAPIK/ERVIN AFRIWINANDA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Pasca-terbitnya Peraturan Bupati (Perbub) nomor 29 tahun 2020, tentang kenormalan baru atau ‘new normal’, sektor pariwisata di Pemalang mulai menggeliat.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pemalang, Sapardi, Jumat 26 Juni 2020, mengatakan, meskipun belum sepenuhnya kembali seperti sebelumnya. Tetapi dari data Disparpora, sudah menunjukan progres yang bagus untuk pariwisata.

Sudah 1 minggu obyek wisata yang dikelola Disparpora kembali beroperasi. Selain itu Disparpora Pemalang juga sudah membuat surat edaran kepada pengelola objek wisata swasta atau Bumdes terkait hal ini.

“Walaupun petugas di lapangan sempat kewalahan sosialisasi protap kesehatan kepada pengunjung, tapi saya ingatkan untuk sabar,” ungkapnya.

Kesiapan dari Disparpora dalam pengelolaan pariwisata dalam menuju ‘new normal’ memang sudah dilakukan sebelumnya. Seperti penyediaan hand sanitizer, tempat cuci tangan, petugas mengatur jarak antar pengunjung dan sebagainya.

“Pengunjung juga kita batasi, misalnya jika kapasitas 1000 pengunjung ya kita batasi hanya 500 saja,” kata Sapardi.

Sapardi mengimbau masyarakat Pemalang untuk ikut berkontribusi meramaikan pariwisata yang sempat lesu akibat Covid-19.

“Kami mengajak masyarakat Pemalang untuk berwisata tidak perlu jauh-jauh ke luar kota, banyak destinasi wisata di Pemalang yang menarik yang harus dikunjungi dan sebagai penggerak roda ekonomi warga sekitar juga” ujarnya.

Salah satu pengunjung, Budi, warga Pemalang, yang datang ke objek wisata Pantai Widuri bersama keluarganya mengaku senang tempat itu dibuka kembali untuk umum.

“Kita butuh berinteraksi, suasana positif dan ceria bersama keluarga. Saya mengucapkan terimakasih kepada dinas terkait atas dibukanya kembali wisata Pantai Widuri ini,” ungkapnya.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini