Besok KA Kaligung Mulai Beroperasi, Begini Aturan untuk Penumpang

0
Petugas penjaga pintu masuk peron, atau boarding penumpang di Stasiun Tegal mulai menggunakan APD untuk menyambut pengoperasian KA Kaligung hari Jumat besok, 12 Juni 2020.FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – Pengguna moda transportasi kereta api di Tegal mulai hari Jumat, 12 Juni 2020, sudah bisa menggunakan kereta api dari Stasiun Besar Tegal. Namun, kereta yang dioperasikan untuk melayani masyarakat sementara ini masih dibatasi kereta api jarak dekat Kaligung, jurusan Tegal – Semarang.

Kepala Stasiun Tegal, Dedi Nurdiantoro, saat ditemui puskapik.com di Stasiun Tegal, Kamis siang, 11 Juni 2020, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan protokol kesehatan untuk menyambut pembukaan pelayanan stasiun.

Dedi menjelaskan, seluruh calon penumpang harus mencuci tangan di wastafel atau menggunakan hand sanitizer yang telah tersedia di sejumlah titik, memakai masker dan diimbau memakai pakaian lengan panjang.

“Kapasitas penumpang kereta dibatasi 70 persen. Selain itu, tempat duduk kereta juga diatur untuk menjaga jarak antar penumpang. Tak hanya di dalam kereta, pengaturan jaga jarak juga diterapkan saat di bangku peron serta antrean boarding di pintu masuk peron,” kata Dedi.

Menurutnya, untuk para penumpang Kereta jarak dekat tidak perlu menunjukan surat keterangan sehat.

“Nantinya semua petugas memakai APD mika penutup wajah, masker dan sarung tangan. Seluruh penumpang juga akan diperiksa suhu tubuhnya sebelum masuk ke stasiun,” kata Dedi.

Peneraapn protokol kesehatan secara ketat ini, lanjut Dedi, dilakukan untuk melindungi para calon penumpang maupun petugas agar tidak terpapar Covid-19.

“Untuk pemeriksaan suhu tubuh yang kita toleransi 37 derajat celcius ke bawah. Jika lebih dari 37 derajat celcius, akan kita lakukan pemeriksaan lanjutan oleh tenaga medis,” tandas Dedi

Kontributor : Wijayanto
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini