Menuju New Normal, 222 Desa di Pemalang Jadi Kampung Siaga Covid-19

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Setelah dibentuk pada awal April 2020 yang lalu, para relawan dan komponen masyarakat 222 desa/kelurahan se-Kabupaten Pemalang mendeklarasikan kampung siaga Covid-19 secara serentak untuk menyongsong adaptasi kehidupan baru di posko Covid-19 masing-masing desa/kelurahan, Kamis 4 Juni 2020.

Setelah menyaksikan deklarasi kampung Covid-19 di Desa Banjarsari, Bantarbolang, Pemalang, Forkopimda Kabupaten Pemalang meninjau secara langsung kesiapan para relawan dalam mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Bupati Pemalang Dr H Junaedi, mengatakan, deklarasi kampung siaga Covid-19 menunjukan kesiapan seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama melawan Covid-19.

“Sebagai salah satu upaya adaptasi kehidupan baru, kampung siaga Covid-19 menjadi solusi agar seluruh komponen masyarakat waspada dalam bertindak dan berbuat secara bersama-sama sesuai protokol kesehatan,” kata Junaedi.

Kesiapan yang telah dicek oleh Forkopimda Kabupaten Pemalang diantaranya rumah singgah sebagai tempat karantina mandiri bagi warga pendatang baik OTG, ODP, PDP bahkan pasien positif.

Kapolres Pemalang AKBP Edy Suranta Sitepu mengungkapkan, Polres Pemalang telah melakukan pengecekan terkait siaga kesehatan, siaga pangan dan siaga personil di seluruh kampong siaga Covid-19 se-Kabupaten Pemalang.

“222 kampung siaga Covid-19 yang dideklarasikan, seluruhnya sudah kami cek dan memang telah memiliki kesiapan untuk menuju adaptasi kenormalan baru,” kata Edy Suranta Sitepu.

Edy Suranta menjelaskan, seluruh kampung siaga Covid-19 memiliki ketahanan pangan, karena Kabupaten Pemalang merupakan daerah penyangga pangan.

“Selain itu, personil dari pemerintah daerah, TNI-Polri serta semua komponen yang ada selalu bersinergi dan proaktif untuk melakukan penanganan secara awal pada ODP maupun PDP,” katanya.

“Kampung siaga Covid-19 dideklarasikan untuk menuju new normal atau adaptasi kenormalan baru, sehingga diharapkan masyarakat bisa tetap produktif selama pandemi Covid-19,” tutupnya.

Kontributor : Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini