Satu Warga Pemalang Alumni Ijtima Gowa Positif Corona

FOTO/PUSKAPIK/DEDI MUHSONI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Jumlah akumulatif warga Pemalang yang terkonfirmasi positif corona saat ini bertambah menjadi 28 orang. Yang terbaru, 1 alumni ijtima ulama Gowa, Sulawesi Selatan, terkonfirmasi positif corona setelah dilakukan uji swab ulang.

Melalui konferensi pers yang digelar di Pendopo Kabupaten Pemalang, Senin 18 Mei 2020 malam, Bupati Pemalang, H Junedi, didampingi juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemalang, Tetuko Raharjo, dan Kepala Kesbangpolinmas Sujarwo, menjelaskan, disebutkan, sedikitnya 26 orang hasil tracking kepada warga Pemalang yang pernah bersentuhan dengan 4 orang alumni ijtima ulama, Gowa, Sulawesi Selatan, sudah dilakukan pengambilan sampel swab.

Dari sampel tersebut, 4 orang alumni Gowa yang dilakukan uji swab ulang, 1 orang di antaranya terkonfirmasi positif corona, yaitu S (65) jenis kelamin laki-laki, warga Kecamatan Petarukan. Saat ini sedang dilakukan isolasi dan perawatan di Gedung PGRI Pemalang.

“Selain 26 orang yang sudah di-tracking dan diambil sampel swab, tim juga bergerak melakukan tracking kembali kepada pihak pihak yang telah bersentuhan dengan para alumni ijtima Gowa,” kata Junaedi.

Jam Malam

Junaedi, yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pemalang sedang melakukan kajian mengenai percepatan penaggulangan dan pencegahan Covid -19. Pasalnya, masyarakat terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri ini, sudah tidak lagi mematuhi protokol kesehatan dan tetap menjalankan aktivitas seperti tidak terjadi wabah corona.

“Beberapa wilayah terpantau masih melakukan kerumunan, kurang disiplin dan tidak taat protokol kesehatan,” tambahnya.

Dengan tidak disiplinnya masyarakat, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan melakukan langkah pembatasan jam malam yang rencananya akan diberlakukan mulai 27 Mei 2020.

“Jam malam itu dimulai pukul 21.00 sampai jam 04.00 pagi, masyarakat tidak diperbolehkan keluar rumah atau kerumunan, namun dengan pengecualian-pengecualian,” kata Junaedi.

Sementara data pada laman www.infocorona.pemalangkab.go.id Senin malam 18 Mei 2020 tercatat ada 28 orang yang positif corona, 5 orang masih dirawat, 22 orang sembuh (negatif) dan 1 orang meniggal dunia.

Semntara untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 107 orang dengan rician, 26 orang masih dalam pengawasan, 68 dinyatakan selesai, dan 13 orang meninggal dunia.

Penulis : Dedi Muhsoni
Editor : Amin Nurrokhman

Tinggalkan Balasan