Seluruh Tenaga Medis Positif Corona di Pemalang Sembuh

0
Bupati Pemalang H Junaedi dalam konferensi pers di Pendopo Kabupaten, Rabu, 13 Mei 2020. FOTO/PUSKAPIK/DEDI MUHSONI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang dalam melindungi tenaga medis dari paparan virus corona membuahkan hasil. Satu tenaga medis terakhir, dari 14 yang positif COVID-19, akhirnya dinyatakan sembuh.

Kabar gembira ini disampaikan Bupati Pemalang H Junaedi dalam konferensi pers di Pendopo Kabupaten, Rabu, 13 Mei 2020. Junaedi mengungkapkan, tenaga medis yang dinyatakan sembuh itu berinisial Y (30), warga Pemalang. “Sehingga secara keseluruhan, tenaga medis yang sebelumnya terpapar virus corona telah selesai dan dinyatakan sembuh. Ini merupakan kerja keras berbagai pihak dalam penganan virus tersebut,” katanya.

Selain Y, satu pasien positif corona berinisial NA (25), perempuan warga Kecamatan Comal juga dinyatakan sembuh hari ini. Dalam uji swab ulang yang dijalani keduanya, hasilnya menunjukkan negatif.

Junaedi yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Pemalang menyampaikan, secara keseluruhan terdapat 65 sampel yang sudah dikirim ke Kementerian Kesehatan. Hasilnya, 25 orang terkonfirmasi positif, 20 orang dinyatakan negatif (sembuh), 4 orang masih dirawat, dan 1 orang meninggal dunia.

“Tim gugus tugas Kabupaten Pemalang terus melakukan upaya pencegahan dari virus corona di antaranya telah melakukan rapid test mandiri sebanyak 366 orang,” kata Junaedi.

Disinggung mengenai kelonggaran aktivitas masyarakat sebagaimana maklumat Polri, Junaedi memastikan masih seperti biasanya, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan tidak bekerumun, jaga jarak, dan cuci tangan dan menggunakan masker.

Junaedi menambahkan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pemalang memiliki jangkauan kerja sama fasilitas kesehatan di 14 kecamatan, terdiri dari rumah sakit pemerintah, rumah sakit swasta, dan 25 puskesmas yang telah bersinergi dalam penanganan virus tersebut.

“Tim gugus telah bekerja keras untuk memutus mata rantai virus corona, dan telah menemukan ODP, PDP, dan pasien positif corona, serta pemakaman dengan prosedur pemakaman Covid-19,” ujarnya.

Berdasarkan data pada laman www.infocorona.pemalangkab.go.id per Rabu malam, 13 Mei 2020, tercatat ada 25 orang yang positif corona, 2 orang masih dirawat, 22 orang sembuh (negatif), dan 1 orang meniggal dunia. Sementara untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 103 orang dengan rincian 38 orang masih dalam pengawasan, 53 dinyatakan selesai, dan 12 orang meninggal dunia.

Penulis: Dedi Muhsoni
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini