Keren, Tangani Covid-19, Pemalang Bisa Test Swab Mandiri

0
FOTO/PUSKAPIK/DEDI MUHSONI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Setelah melalui proses panjang dan melalui pelatihan proses penanganan Covid-19 pada dua bulan terakhir, Kabupaten Pemalang sudah bisa melakukan test swab mandiri dan sudah mengirimkan 24 contoh hasil swab yang dikirim kepada Kementerian Kesehatan.

Melalui konferensi pers yang digelar di Pendopo Kabupaten Pemalang, Sabtu malam, 9 Mei 2020, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Pemalang, Tetuko Raharjo, didampingi Direktur RSUD M Ashari, dokter Sunardo Budi Santoso, dan Pelaksana Harian (PLH) Dinas Kesehatan Pemalang, Mardiyanto, mengatakan, tenaga ahli kesehatan melalui RSUD M Ashari telah melakukan metode pelatihan test swab mandiri.

Menurut Tetuko, terdapat 24 contoh hasil test swab mandiri telah dikirim kepada Kementerian Kesehatan dengan dengan hasil 23 orang negatif dan 1 orang positif Covid-19.

“Tenaga ahli medis dari berbagai rumah sakit dan puskesmas di Pemalang, telah dilatih yang difasilitasi oleh RSUD M Ashari untuk melakukan uji test swab sendiri, dan Alhamdulillah telah diterima oleh Kemenkes,” kata Tetuko.

Menurutnya, dari 24 contoh yang dikirim itu, 23 di antaranya negatif. Namun ada 1 orang yang positif terpapar corona dengan inisal T jenis kelamin laki-laki (60) warga Kecamatan Comal.

“Dari 23 orang yang negatif corona, 1 orang sebelumnya yang terpapar Covid-19 yaitu inisial N (24) jenis kelamin perempuan warga Kabupaten Tegal, tetapi setelah dilakukan swab mandiri ulang, hasilnya negatif,” ujarnya.

Menurut Tetuko, penaganan Covid-19 di Kabupaten Pemalang mempunyai jangkauaan di beberapa gugus tugas di kecamatan, desa dan kelurahan. Dan 2 bulan terakhir ini mereka telah melaksanakan tugas dengan baik.

“Selaku gugus tugas kabupaten, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada gugus tugas kecamatan, desa dan kelurahan terkait penaganan para pemudik, dan pemakaman sesuai standar medis penanganan Covid-19,” kata Tetuko.

Data pantauan Covid-19 di website www.infocorona.pemalangkab.go.id, tercatat 25 orang yang sudah terpapar virus corona dengan rincian 4 orang pasien masih dalam perawatan, 20 orang sembuh dan 1 orang meninggal dunia.

Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sejumlah 97 orang, dengan rincian 44 sedang dalam pengawasan, 41 dinyatakan selesai dan 12 orang meninggal dunia.

Penulis: Dedi Muhsoni
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini