Petani Bawang Brebes Terancam Kelangkaan Bibit

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Brebes – Petani bawang merah di Brebes, terancam mengalami kelangkaan bibit, untuk musim tanam dua bulan mendatang. Pasalnya, harga bawang merah kini mengalami kenaikan.

Kenaikan harga bawang merah pada tahun 2020 ini dipicu kegagalan panen bawang akibat banjir sejak awal tahun.

Kegagalan panen petani ini menyebabkan ketersediaan bawang di pasaran makin menipis. Dampaknya harga bawang mengalami lonjakan cukup tajam.

Data di Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten (Dinkumdag) Brebes, menyebutkan, kenaikkan harga sudah mulai sejak bulan Februari. Kondisi ini terus berlangsung hingga April ini.

“Kami pantau sejak Februari sampai April. Pada bulan Februari minggu kedua ada kenaikkan yang sangat tajam dan terus naik hingga April ini,” kata Kabid Perdagangan Dinkumdag Brebes, Maryono, Rabu 29 April 2020 siang.

Pada awal Februari, kenaikkan terjadi akibat gagal panen saat terjadi banjir. Saat itu harga bawang berada pada angka Rp.20 ribu per kilo. Kemudian pada minggu ke dua harga naik menjadi Rp.37 ribu dan pada bulan April ini harga sudah menyentuh angka Rp.40 ribu per kilo.

“Kalau di pasar ada yang Rp.40 ribu per kilo. Pokoknya antara Rp.40-42 Ribu per kilo,” ungkapnya.

Ditemui terpisah, salah seorang petani bawang, Dian Alex Chandra (38) mengatakan, tingginya harga bawang saat ini bisa memicu terjadinya kelangkaan bibit. Dia memberi alasan, sejak sudah beberapa bulan ini, harga bawang merah tidak pernah kurang dari Rp.30 ribu per kilo.

“Dari awal Maret sampai hari ini, bawang merah tidak pernah kurang dari Rp.30 ribu. Untuk hari ini, bawang kecil saja harganya Rp.35 ribu di petani. Berapa harganya nanti di pasar. Jadi banyak petani yang memilih menjual bawangnya daripada menyimpannya untuk benih,” terang Alex.

Sebagai petani sekaligus pedagang, Alex memastikan pada pertengahan Mei sampai Juni akan ada kelangkaan benih bawang. Petani akan kesulitan mendapatkan bibit untuk menanam bawang. Kalaupun ada harganya pasti akan melambung tinggi.

“Saya bisa pastikan, mulai pertengahan Mei akan terjadi kelangkaan bibit bawang merah. Kalau pun ada pasti akan mahal. Saat ini saja sudah Rp.45 ribu,” tambah Alex.

Kontributor : Pedro
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini