Tambah 1 Lagi, Warga Kota Tegal Positif Corona

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Tegal – Laki-laki 56 tahun warga Jalan Hangtuah, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, dinyatakan positif corona (Covid-19).

“Tidak ada riwayat pasien ini melakukan perjalanan ke luar kota yang masuk zona merah Covid-19,” kata Wakil Walikota Tegal, Jumadi di kantor Kominfo komplek Balaikota Tegal, Kamis mala ini 16 April 2020.

Jumadi menerangkan, informasi yang diterima gugus tugas, pasien hanya ada di dalam Kota Tegal dan tidak ada kontak dengan orang habis bepergian ke zona merah.

“Mulai besok akan dirapatkan dengan dinas terkait untuk pelacakan pasien. Kira-kira ke mana saja selama ini pasien pergi karena trakcing harus clear jadi kita minta gali lebih jauh. Pasien ini tidak ke mana mana. Dia juga tidak ada kontak dengan orang lain yang habis bepergian ke zona merah,” sambung Jumadi.

Jumadi menegaskan, perlu antisipasi lebih untuk mencegah penyebaran virus. Salah satunya caranya adalah dengan isolasi lokal di sekitat tempat tinggal pasien.

“Ini yang perlu antisipasi lebih lanjut. Mungkin ini harus isolasi lokal, tetapi kita nanti akan diskusikan dengan tim dokter untuk menjelaskan lebih detail terhadap pasien yang positif,” ujar Jumadi.

Terkait pencegahan Covid-19, masyarakat diminta agar waspada. Warga harus hati-hati dan patuhi imbauan pemerintah. Selalu jaga kebersihan, cuci tangan, pakai masker, berdiam di rumah dan jaga jarak.

Menurut Jumadi, Pemkot telah berusaha mencegah sebaran Covid-19 dengan berbagai cara. Salah satunya adalah isolasi wilayah terbatas. Namun, kata dia, tetap saja ada pasien yang positif corona.

“Inilah kejadiannya realnya di Kota Tegal, kita sudah berusaha maksimal tapi rupanya masih banyak orang pergi, tidak mengindahkan untuk tetap di rumah isolasi selama 14 hari. Mungkin dari sini kita melihat bagaimana Pemerintah Kota Tegal akan mengambil langkah-langkah tegas,” tandasnya.

Hingga Kamis malam, jumlah pasien yang positif terpapar Covid-19 di Kota Tegal sebanyak 3 orang. Satu orang telah sembuh, warga Kelurahan Slerok, Tegal Timur, satu meninggal warga Kelurahan Mintaragen, Tegal Timur dan satu warga Kelurahan Tegalsari, Tegal Barat dalam perawatan di RSI Harapan Anda.

Kontributor : Pedro
Editor         : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini