Hindari Penumpukan, Berbijaklah Tentukan Jadwal Mudik Lebaran Melalui Jalan Tol

0

PEMALANG (PuskAPIK) – “Bagi para pengguna jalan tol diharapkan untuk bijak dalam menentukan jadwal kepulangan dalam mudik lebaran tahun ini, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalan tol,” ucap Karobinops Mabes Polri Brigjen Pol Imam Sugiarto.

Harapan tersebut disampaikan kepada beberapa media saat melaksanakan survei jalan tol dalam kesiapan pengamanan lebaran tahun 2018 di wilayah hukum Polres Pemalang, Selasa (24/04).

Bertempat di pembangunan jalan tol ruas exit jalan tol Gandulan Pemalang, tim survei yang terdiri dari Karobinops Mabes Polri Brigjen Pol Imam Sugiarto., Dirsamapta Korsabhara Mabes Polri Brigjen Pol Agus Pristafudin, didampingi pejabat utama Polda jateng, Kapolres Pemalang AKBP Agus Setiyawan H.P. ,S.H, S.IK., perwakilan dari PT Waskita Aminudin, Perwakilan dari Jasa Raharja dan Anggota Lantas polres Pemalang.

Brigjen Pol Imam Sugiarto juga berharap sistem yang sudah direncanakan supaya bisa bersinergi dengan Polres wilayah yang lain sehingga bisa berjalan dengan lancar dalam pelaksanaanya.

“Untuk pengamanan apabila perlu penambahan personil bisa diterjunkan dari pihak Brimob demi kelancaran dan kenyamanan arus lalulintas,” imbuhnya.

Sementara itu dalam paparannya, kapolres Pemalang AKBP Agus Setiyawan H.P.. S.H., S.I.K., menyampaikan beberapa permasalahan diantaranya adalah terdapatnya lokasi rawan kecelakaan di wilayah kabupaten Pemalang.

Disamping itu kapolres juga menyampaikan beberapa perisapan dalam rangka pengamanan mudik lebaran diantaranya pospam, posyan pos terpadu dan rest area.

Ditambahkan kapolres kendala kemacetan yang mungkin terjadi akan berada di exit tol gandulan. Untuk pihak polres Pemalang akan berupaya untuk melakukan rekayasa lalu lintas di Exit tol gandulan dengan cara 3-1 (3 kali tarikan-1 kali Normalisasi). Sedangkan sistem contra flow akan dilakukan apabila terjadi kamacetan di jalur pantura.

Untuk mengurangi kepadatan arus kendaraan di jalan tol Pemalang, diharapkan agar Bus dan Truck bisa diarahkan di pintu Exit Brexit (Brebes Exit).

Saat penggunaan jalan tol Pemalang pada mudik lebaran mendatang, sudah direncanakan untuk bahan bakar juga akan di lakukan bahan bakar Mobile.

Masih dalam kesempatan yang sama, Kabagops Korlantas mabes Polri Kombes Binyamin menyampaikan Gandulan adalah exit terakhir dari merak Jakarta, salah satu titik dengan kerawanan yang tinggi. Banyak sekali kerawanan yang harus dipertimbangkan ke titik tersebut.

Kombes Benyamin juga menegaskannl agar pihak Polres Pemalang berkoordinasi dengan pihak tol dan intansi terkait untuk bisa menambah rest area yang ada di wilayah kabupaten Pemalang demi kenyamanan para pemudik.

Untuk mengatasi kemacetan yang panjang bisa dilaksanakan sistem buka tutup dalam mengatasinya, namun keputusan tersebut menjadi kewenangan dari Koorlantas Mabes Polri apabila diperlukan sistem tersebut. (hape)