Hari ini, Posko Pusat Covid-19 Pemalang Diaktifkan

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Pemerintah Kabupaten Pemalang membentuk posko yang berfungsi sebagai pusat pemantauan, pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus corona atau Covid-19 di Pemalang.

Sebelumnya, posko Covid-19 ditempatkan di kantor Dinas Kesehatan. Namun untuk mempermudah koordinasi dan memaksimalkan kinerja, posko digeser ke pendopo kabupaten. Posko di Dinkes tetap berfungsi khusus untuk penanganan medis.

“Posko ini sebagai pusat koordinasi dan informasi serta menjadi rujukan untuk semua kegiatan yang terkait dengan Covid-19, sebagai pusat pengendali untuk pemantauan, pencegahan dan penanggulangannya di Pemalang,” kata Bupati Pemalang, DR H Junaedi SH MM, sesaat sebelum menggelar rapat roordinasi (Rakor) bersama forkopimda dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemkab Pemalang, Senin sore, 30 Maret 2020.

Posko ditempatkan di area pendopo kabupaten. Sarana dan pra sarana dipersiapkan secara maksimal. Selain perangkat informasi, komunikasi dan data, di depan posko juga terpasang dua bilik disinfektan. Bilik ini difungsikan untuk strelisasi setiap orang atau aparat sipil negara (ASN) yang akan memasuki kompleks pendopo, baik ke posko maupun area perkantoran di lingkungan Pemkab.

Selain, Pemkab Pemalang juga akan membentuk Tim Tanggap Virus Corona yang nantinya terdiri dari semua unsur, tidak hanya SKPD di lingkungan Pemkab Pemalang, tapi juga unsur TNI/Polri, pakar, ormas, LSM, media dan tokoh masyarakat.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhamad Tito Karnavia, Minggu 29 Maret 2020 mengeluarkan surat edaran (SE) nomor 440/2622/SJ, tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Daerah. Dalam surat edaran tersebut, sentral komando penanganan pandemi corona dipimpin langsung kepala daerah masing-masing wilayah.

Penulis : Dedi Muhsoni
Editor : Heru Kundhimiarso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini