Bupati Pemalang ‘Sulap’ Pendopo jadi Posko Covid-19

0
Bupati Pemalang, DR H Junaedi SH MM, mengecek kesiapan Posko Covid-19 di pendopo kabupaten, Minggu 29 Maret 2020. Posko Covid-19 sebelumnya berada di kantor Dinkes Pemalang. FOTO/PUSKAPIK/HERUKUNDHIMIARSO

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Bupati Pemalang, DR H Junaedi SH MM, mengambil alih sentral komando penanganan pandemi corona atau Covid-19. Posko Covid-19 yang sebelumnya berada di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemalang, dipindahkan ke pendopo kabupaten.

“Untuk mempermudah koordinasi dan informasi yang dibutuhkan masyarakat, posko kita pusatkan di pendopo kabupaten,” kata bupati kepada Puskapik, Minggu 29 Maret 2020, disela-sela persiapan Posko Covid-19 di pendopo kabupaten Pemalang.

Meski hingga kini belum ada satupun warga Pemalang yang dinyatakan positif corona, upaya pencegahan dan penanganan terus dimaksimalkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang. “Tentu saya berharap Pemalang tetap nol corona, nihil pasien yang positif. Tapi upaya pencegahan dan penanganan harus tetap maksimal,” ujarnya.

Posko Covid-19 yang dipusatkan di pendopo kabupaten, akan mulai diaktifkan Senin 30 Maret 2020. Pemidahan posko kata bupati, untuk mempermudah dalam melakukan pengecekan data dan laporan dari gugus tugas di semua lini, termasuk dari kecamatan, desa dan kelurahan di Kabupaten Pemalang.

Pemkab lanjut bupati, sudah menyusun standar operasional prosedur (SOP), mulai dari institusi kesehatan dan instansi terkait lainnya hingga ke wilayah tingkat desa. Ia memastikan, akan menjalankan prosedur sesuai standar kesehatan dalam menangani pasien yang diduga berpotensi terpapar corona. 

Penulis : Heru Kundhimiarso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini