Di Pemalang, 1 ODP Kabur Saat Diperiksa

0
Sekda Pemalang M Arfin (di atas truk) memimpin langsung gerakan menyemprot 10 ribu liter di jalan protokol Pemalang, Jumat 27 Maret 2020.FOTO/PUSKAPIK/DEDI MUHSONI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Satu Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang sedang diperiksa di salah satu rumah sakit Pemalang kabur. Meskipun belum diketahui mengenai hasil pemeriksaan pasien tersebut namun tim Satgas Covid 19 dan polisi sedang mencari keberadaan orang tersebut.

“Tim satgas sudah berkoordinasi dengan TNI dan polri untuk mencari keberadaan pasien tersebut, bahkan tim penaganan Covid 19 sudah menanyakan langsung kopada keluarganya,” kata Mohamad Arifin, Sekda Kabupaten Pemalang, Jumat 27 Maret 2020.

Menurut Arifin, meski belum diketahui orang tersebut positif Covid 19, namun dengan melihat riwayat pasien yang baru pulang dari Jakarta, sehingga patut diantisipasi agar tidak mengkhawatirkan warga.

“Orang tersebut masuk dalam kategori pemantauan. Karena yang bersangkutan hilang dalam pemantauan maka pemerintah daerah bertanggungjawab untuk mengetahui keberadaannya agar masyarakat tidak panik,” kata Arifin.

Arifin menambahkan, dirinya mengaku kesulitan untuk memantau warganya yang pulang dari Jakarta atau kota lainya yang menggunakan armada bus atau travel yang turun bukan di terminal. Ia menjamin jika masyarakat yang pulang kampung melalui terminal induk bisa langsung dideteksi melalui suhu badan dan disemprot disinfektan.

“Masyarakat yang sudah telanjur pulang ke kampung, pihaknya sudah mengintruksikan kepada camat, lurah dan kepala desa agar memonitor dan mendata langsung dengan bantuan tim medis dari puskesmas,” katanya.

Dalam waktu yang tidak lama, kata Arifin, pemerintah kabupaten Pemalang akan melakukan operasi terpadu di pintu masuk perbatasan atau titik lainya bersama TNI dan Polri agar penyebaran virus Covid 19 ini tidak menyebar pada warga Pemalang.

Penulis : Dedi Muhsoni
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini