Dinkes Pemalang : Warga Sidorejo Comal Positif Corona, Hoax

0
FOTO/PUSKAPIK/ERVINAFRIWINANDA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemalang membantah informasi yang beredar bahwa seorang warga Desa Sidorejo Kecamatan Comal, Pemalang sudah dinyatakan positif terjangkit virus corona atau Covid-19. Saat ini, pasien masih mendapatkan perawatan dintensif di Rumah Sakit Siaga Medika Pemalang.

Dari data yang diperoleh Puskapik.com, seorang warga Desa Sidorejo Kecamatan Comal, pada Kamis 19 Maret 2020 dilarikan ke RS Siaga Medika. Pasien menderita sesak nafas dan demam setelah pulang traveling dari Jogja, Solo dan Kebumen. Hingga kini, pasien masih menjalani perawatan intensif dan di ruang isolasi.

“Benar bahwa ada warga Sidorejo Comal yang dirawat di rumah sakt Siaga Medika, tapi belum dipastikan bahwa itu positif virus corona atau tidak. Bisa saja penyakit lain. Kalau ada info bahwa itu sudah positif, itu hoax,” jelas Kepala Dinkes Pemalang, dr Solahudin, kepada Puskapik.com, Senin 23 Maret 2020.

Menurut dia, untuk memastikan positif atau tidaknya penderita virus corona, pasien harus menjalani uji lab terlebih dahulu. “Rencana hari ini akan kita rujuk ke RSUD Wonosobo. Pasien harus menjalani uji swap terlebih dahulu. Jadi tidak bisa disimpulkan sesederhana itu,” ujarnya.

Solahudin meminta agar masyarakat tidak percaya begitu saja dengan kabar dan informasi yang beredar, namun belum jelas sumbernya. Untuk memastikan dan meng-update informasi virus corona atau Covid-19 di Pemalang, masyarakat bisa membuka website khusus pemantauan penyebaran virus corona atau Covid-19 dengan nama Pemalang Tanggap Corona di website http://infocorona.pemkabpemalang.go.id/.

Dinkes mamastikan, hingga kini belum ada satupun warga Pemalang yang dinyatakn postifi virus corona. Dari data yang sudah diverifikasi, 41 tercatat ODP dan 3 lainnya dinyatakan PDP, sementara 1 orang telah dipulangkan dan dinyatatakan negatif, setelah sebelumnya mendapatkan perawatan intensif di RSUD Kardinah Tegal.

Penulis : Heru Kundhimiarso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini