1 Pasien RSUD Kraton Pekalongan Positif Corona, Bukan Warga Pemalang

0

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Seorang pasien yang dirawat di RSUD Kraton Pekalongan dinyatakan positif corona. Sempat viral di media sosial bahwa pasien yang terjangkit virus Covid-19 adalah warga Pemalang, belakangan diketahui, pasien tersebut merupakan warga Jakarta.

“Benar, ada salah satu pasien atas nama Mister X yang sesuai kartu tanda penduduk (KTP) adalah warga Jakarta Selatan dinyatakan positif corona,” ungkap Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, saat menggelar konfrensi pers, Sabtu malam (21/3/2020). 

Terkait hal ini, Asip mengatakan langkah selanjutnya adalah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah. “Oleh karena itu, besok Dinas Kesehatan Jawa Tengah akan melakukan penanganan terhadap kasus ini,” jelasnya.

Asip menjelaskan, saat ini tercatat sebanyak 26 warga Kabupaten Pekalongan berstatus Orang Dalam Pemantauan (OPD). Mereka adalah warga yang baru pulang dari luar negeri dan saat ini masih dalam penanganan tim medis.

Dengan positifnya warga Jakarta yang dirawat di RSUD Kraton Pekalongan, jumlah pasien positif Corona di Jawa Tengah bertambah menjadi dua orang pada Sabtu, 21 Maret 2020. Sebelumnya, di RSUD dr. Margono Soekarjo Kota Purwokerto, seorang pasien juga dinyatakan positif corona.

“Kedua pasien itu berjenis kelamin laki-laki berusia dewasa,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Yulianto Prabowo, kepada awak media, Sabtu (21/3/2020).

Saat ini, jumlah pasien positif Covid-19 di Jateng menjadi 14 orang. Rinciannya, 3 pasien dirawat di RSUP dr Kariadi Semarang, 3 pasien di RSUD dr Moewardi Solo, 2 di RSUD Wongso Negoro Semarang, 1 di RSUD Tidar Magelang, 1 di RSUD Kraton, 1 di RSUD dr Margono Soekarjo, dan 3 meninggal.

Adapun orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 di Jateng berjumlah 2.391 dan pasien dalam pengawasan Covid-19 ada 138. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan 58 rumah sakit di wilayahnya telah disiagakan untuk rujukan kasus Covid-19.

Kontributor : Suryo Sukarno

Editor : Heru Kundhimiarso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini