Pemkab Pemalang Siapkan 2-3 miliar atasi Corona, untuk apa saja ?

0
Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Diskominfo) Pemalang, Nugroho Budhi Raharjo (berbaju putih), saat mendampingi Bupati Pemalang, DR H Junaedi SH, saat menggelar sidak kesiapan Posko Covid-19 di kantor Dinkes, Sabtu siang (21/3/2020). FOTO/PUSKAPIK/ERVIN AFRIWINADA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang telah menyiapkan dana khusus yang bersumber dari APBD untuk menekan penyebaran virus Corona atau COVID-19. Diperkirakan, anggaran yang dibutuhkan mencapai 2-3 miliar.

“Khusus untuk penanganan Corona, kita tidak perlu menggeser anggaran. Kita menggunakan dana cadangan yang kita miliki,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pemalang, Nugroho Budhi Raharjo, usai mengikuti rapat terbatas bersama Bupati Pemalang DR H Junaedi, SH MM, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr Solahudin dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Sabtu siang (21/3/2020).

Nugroho memperkirakan, alokasi dana khusus penanganan corona membutuhkan Rp 2 miliar hingga Rp 3 miliar. Anggaran sebesar itu nantinya untuk memenuhi kebutuhan diantaranya, sosialisasi dan penyebarluasan informasi secara masif, sarana dan pra sarana pendukung tim medis dan kesiapan personel gugus tugas.

“Anggaran itu diantaranya untuk belanja barang terkait pencegahan penyebaran virus Corona. Di antaranya disinfektan, hand sanitizer, masker, hingga pemindai suhu,” jelasnya.

Ia mengatakan, salah satu langkah kongkrit Pemkab antara lain membagikan hand sanitizer ke masyarakat. Ini dilakukan sebagai salah satu kampanye pencegahan Corona.

Hand sanitizer akan dibagikan ke masyarakat, kita sedang siapkan ini. Memang tidak akan cukup, tapi ini setidaknya akan memberikan pemahaman kepada masyarakat, ayo kita bersatu melawan corona,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Pemalang, DR H Junaedi SH MM menyatakan pihaknya terus memaksimalkan langkah-langkah kongkrit pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayah Pemalang. Salah satunya dengan menyiapkan anggaran khusus dari dana APBD untuk pemenuhan sarana pendukung pencegahan Covid-19.

Meski hingga kini belum ada warga Pemalang yang positif terkena virus corona atau Covid-19, bupati memerintahkan agar Dinkes memaksimalkan kinerjanya dalam upaya pencegahan dan penanganannya.

“Siapkan segala sesuatunya, teknis maupun non teknis. Butuh anggaran berapa, untuk apa saja, kita siapkan. Jangan khawatir!” kata bupati di depan awak media.

Penulis : Heru Kundhimiarso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini