Cegah Mewabahnya Corona, Ini Langkah Dinkes Pemalang

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemalang, menerapkan sejumlah langkah antisipasi penyebaran virus corona  atau Covid-19, di Kota Iklhas. Beberapa hari terakhir, tim medis diturunkan untuk mengecek kondisi kesehatan Aparat Sipil Negara (ASN) dan mengintensifkan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah titik keramaian.

“Kita maksimalkan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh titik yang memang sering dijadikan tempat keramaian, termasuk tempat ibadah. Hal ini untuk melakukan pencegahan masuknya virus corona di Pemalang,” kata Kepala Dinkes Pemalang, dr Solahudin, dalam keterangan pers yang diterima Puskapik, Jumat (20/3/2020).

Dijelaskan, upaya lain yakni dengan menerjunkan tim medis yang disebar ke sejumlah kantor dan instansi pemerintahan, kepolisian, Kodim, kejaksaan dan pengadilan. Tim medis memeriksa suhu tubuh dan kesehatan para ASN, aparat kepolisian, TNI, kejaksaan dan pengadilan.

Dalam upaya pencegahan, Dinkes selain menggandeng TNI/Polri, juga pelaku usaha untuk bisa melakukan pengontrolan kesehatan. Selain itu, langkah sosialisasi dan edukasi pola hidup sehat, lanjut Solahudin, juga gencar dilakukan.

“Kita galakkan cuci tangan, juga sosialisasi mengenai pentingnya hidup bersih dan juga menjaga pola makan yang sehat,” imbuhnya.

Dinkes lanjut Solahudin, telah menyiagakan seluruh lapisan pelayanan kesehatan guna menciptakan mitigasi pencegahan virus corona atau Covid-19. Tak hanya rumah sakit, Puskesmas sebagai wadah pelayanan dasar di lapisan terbawah juga turut dioptimalkan sebagai upaya mitigasi dan pencegahan virus corona.

Puskesmas se-Kabupaten Pemalang telah menyiapkan Tim Gerak Cepat Covid-19 yang beranggotakan dokter umum, perawat Damakesmas, bidan Puskesmas dan tenaga surveilans. Yang mana nantinya tim ini akan bergerak apabila diperlukan penanganan langsung ke masyarakat.

Penulis : Heru Kundhimiarso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini