Keren! MAN 2 Brebes Produksi Hand Sanitizer

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Bumiayu – Keterbatasan seringkali memicu kreativitas. Kelangkaan sabun hiegenis pencuci tagan, hand sanitizer, sejak virus corona mewabah, mendorong guru dan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Brebes, memproduksi cairan ativirus itu, Jumat (20/3/2020).

Eti Sophia Wijayanti, Wakil Kepala (Waka) Kesiswaan, MAN 2 Brebes, yang juga inisiator produksi sanitizer itu menyebut, produksi sanitizer dipimpin Umi Hadiyawati, kepala laboratorium madrasah. Dibantu guru kimia, Ida Royanah dan Lidia Fanie, guru biologi, juga  Amanah, Waka Kurikulum MAN 2 Brebes.

“Ini sebagai aksi kongkret madrasah kami, ikut meminimalisir penyebaran virus corona, khususnya di wilayah Kecamatan Bumiayu. Hari ini guru dulu yang memproduksi, sekaligus uji coba. Besok baru anak-anak yang kita tunjuk untuk ikut memproduksi sanitizer,” kata Eti.

Waka Kurikulum, Amanah menyebut, bahan baku sanitizer, dipesan dari Jakarta. Rencananya ratusan botol sanitizer akan diproduksi oleh siswa dan guru. Sehingga diproyeksikan, sekitar 40 ruang kelas dan ruang lainnya di  MAN 2 Brebes nantinya  tersedia 1 botol sanitizer yang bisa digunakan.

Produksi sanitizer MAN 2 Brebes itu rencananya juga akan disumbangkan ke musala dan masjid sekitar madrasah.

Pimpinan prosuksi, Umi Hadiawati, menjelaskan, pada uji coba produksi sanitizer itu digunakan alat, gelas ukur 100 mililiter, gelas ukur 25 mililiter, gelas ukur 10 mililiter, corong pisah, labu ukur 1000 mililiter (bisa pakai erlenmeyer 1000 mililiter), dan pipet tetes.

Sedangkan bahan yang digunakan adalah etanol 96 persen, H2O2 (peroksida) 3 persen dan glicerol 98 persen.

“Alhamdulillah uji coba produksi hari ini sukses. Tinggal besok menularkan kepada siswa. Semoga langkah kami ini menjadi ikhtiar nyata untuk menyetop persebaran virus corona,” ujar Umi.

Penulis : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini