Bupati Banyumas Periksa Kesehatan Penumpang Bus

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein bersama Kapolresta Kombes Whisnu Caraka, Dandim 0701 Banyumas Letkol Inf Chandra memantau Posko pemeriksaan kesehatan di perbatasan pintu masuk Wilayah Banyumas.

Informasi yang dihimpun Puskapik, Jumat (20/3/2020) menyebut, Posko ini melakukan pemeriksaan suhu tubuh, dan kesehatan penumpang kendaraan umum dan pribadi, yang akan memasuki wilayah Banyumas.

Sebelum memeriksa petugas gabungan memperkenalkan diri, kepada sopir dan penumpang. Selanjutnya satu persatu, suhu tubuh penumpang mobil pribadi dan umum dari luar Banyumas diperiksa.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, langkah ini adalah tindakan preventif yang bertujuan sebagai edukasi kepada masyarakat. Jika didapati adanya suhu tubuh penumpang di atas 38 derajat celsiun, penumpang tersebut diminta turun. Untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan, di tenda yang telah disiapkan.

Posko yang didirikan antara lain di Desa Jompo Wetan, Sokaraja, perbatasan dengan Sokaraja, perbatasan Kecamatan Tambak dan Kabupaten Kebumen, Kecamatan Lumbir yang berbatasan dengan Kabupaten Cilacap dan di Kecamatan Pekuncen yang berbatasan dengan Kabupaten Brebes.

“Posko pemeriksaan ini dilakukan guna mencegah adanya warga di luar Banyumas, yang dimungkinkan membawa bibit virus corona dan mencegah penularan virus corona di Banyumas. Pemeriksaan ini dilakukan selama 24 jam, dibagi menjadi tiga shift,” kata Husein.

Menurut rencana pemeriksaan ini akan dilaksananakan hingga suasana aman, dengan melibatkan petugas gabungan, mulai dari Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Kepolisian, dan TNI.

“Kita lakukan pemeriksaan, untuk penumpang kendaraan roda empat atau lebih dari luar Banyumas. Ini mencegah adanya penyebaran virus corona, namun demikian warga tak perlu panik, tujuan utama adalah edukasi agar masyarakat ikut peduli, baik untuk kesehatan diri maupun lingkungan,” katanya.

Pemeriksaan dilakukan dengan mempergunakan termometer tembak. Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan lanjutan, jika suhu tubuh penumpang mencapai lebih 38 derajat celsius. Kemudian akan dibawa ke Puskesmas terdekat, jika kondisi penumpang mengarah terjangkit virus corona, maka akan dirujuk ke RSUD Banyumas atau RSUD Margono Soekarjo.

Penulis : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini