Cegah Corona, Bupati Pemalang Optimalkan Rakor dengan Video Confrence

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Mewabahnya virus corona atau Covid-19 tidak menghambat kinerja pemerintahan. Untuk mengoptimalkan kinerja, Bupati Pemalang DR H Junaedi, SH MM, Rabu pagi (18/3/2020), memimpin rapat koordinasi (rakor) menggunakan metode video confrence.

Rakor digelar di ruang Commanroom Dinas Informasi dan Komunikasi (Diskominfo) Pemalang. Turur hadir dalam rakor jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Forkopimda) antara lain, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Kajari, Kepala Pengadilan Negeri, Sekretaris Darrah (Sekda) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pemalang.

Sementara itu, dinas, instansi dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) mengikuti rakor video confrenze melalui aplikasi android dan laptop yang sudah dipersiapkan. Rakor juga untuk memantau secara langsung kondisi Pemalang pasca mewabahnya virus corona.

“Dengan metode ini (video confrence), pemerintahan tetap berjalan dan pelayanan masyarakat tetap optimal,” kata bupati sesaat sebelum rakor digelar.

Terkait pencegahan Covid-19, Pemkab Pemalang mengambil kebijakan terintegrasi yang dibagi per sektor, mulai kesehatan, pendidikan, pariwisata, hingga pelayanan publik.

Seluruh kantor pemerintah dan pengelola tempat pelayanan publik juga diinstruksikan meningkatkan kualitas sanitasi kantor dan lingkungannya termasuk menyiapkan fasilitas cuci tangan pakai sabun (CTPS) beserta kelengkapannya bagi karyawan dan pengunjung.

“Kantor dan instansi pemerintahan wajib menyediakan alat pembersih tangan atau fasilitas cuci tangan pakai sabun, pengaturan jarak antar pegawai dan masyarakat yang dilayani,” imbuhnya.

Sampai berita ini diturunkan, rakor masih berlangsung. Selain berkoordinasi dengan OPD, instansi dan BUMD, bupati dan forkopimda memantau secara langsung fasilitas-fasilitas publik seperti pasar, mall, stasiun, terminal dan tempat lainnya melalui tampilan video di layar yang telah disediakan.

Penulis : Urip Supriyadi
Editor : Heru Kundhimiarso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini