Bupati, Forkompinda dan Ormas Pemalang, ‘Ngrumat Cawet’

0
FOTO/PUSKAPIK/URIP SUPRIYADI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Bupati Pemalang, H Junaedi, memimpin penanaman rumput vetiver di Desa Cawet, Kecamatan Watukumpul, Pemalang, Jumat (13/3/2020). Penanaman rumput berakar dan berbatang kuat itu dilakukan, untuk mengurangi risiko bencana tanah longsor.

Penanaman rumput vetiver yang diprakarsai Polres Pemalang itu juga melibatkan pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Pemalang. Selain Kapolres Pemalang AKBP Eddy Suranta Sitepu dan Dandim 0711 Pemalang, Letkol Inf Christian Tarigan, juga diikuti oleh pengurus dan anggota Karang Taruna, GP Ansor, Pemuda Pancasila, Tagana KSB Pemalang, dan masyarakat Desa Cawet.

Bupati Junaedi mengimbau masyarakat untuk lebih waspada, karena potensi bencana cenderung meningkat setiap tahun, akibat pergerakan bumi berbeda beda. “Karena itu masyarakat dituntut lebih peduli terhadap lingkungan,” kata Junaedi.

Menurut Junaedi, Kecamatan Watukumpul merupakan wilayah dengan potensi bencana tertinggi di Kabupaten Pemalang, seperti tanah longsor, sehingga menjadi prioritas konsentrasi bersama, agar lebih waspada.

“Sebagaimana arahan Presiden Jokowi, Polres tampil di depan bersama TNI, mengajak masyarakat menanam rumput vertiver. Rumput ini pernah ditanam oleh presiden pada saat Rakor pimpinan daerah di Bogor. Kegiatan ini adalah implementasi instruksi presiden untuk dilaksanakan di tiap tiap kabupaten dan kota. Saya mengapresiasi prakarsa Polres Pemalang,” papar Junaedi.

Penulis : Urip Supriyadi
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini