Diterjang Longsor, Jembatan di Pemalang Ambruk

0
Jembatan penghubung antar desa di Kecamatan Watukumpul, Pemalang, Minggu sore (8/3/2020), ambruk diterjang longsor. FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Bencana tanah longsor kembali menerjang kawasan selatan Pemalang. Satu rumah milik warga rusak berat, longsor juga mengakibatkan tanggul dan jembatan Kali Sapi Desa Pagelaran Kecamatan Watukumpul ambruk. 

Hujan deras dan angin kencang yang mengakibatkan tanah longsor di wilayah dataran tinggi Pemalang ini terjadi, Minggu sore (8/3/2020), sekitar pukul 16.00. Rumah milik Hartoyo, warga Dukuh Kedawung RT 016 RW 08 Desa Pagelaran Kecamatan Watukumpul, mengalami rusak berat. Kerugian ditaksir mencapai dua puluh juta rupiah.

Selain merobohkan rumah warga, longsor juga merobohkan satu jembatan sepanjang 5 meter dengan lebar 2,5 meter yang menghubungkan jalan lintas antar desa di Kecamatan Watukumpul. Kejadian ini mengakibatkan arus lalu-lintas di kawasan ini terputus.

Jembatan di Desa Pagelaran Kecamatan Watukumpul, Pemalang, ambruk diterjang longsor, Minggu sore (8/3/2020). FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

“Kerugian akibat jembatan ambruk ini ditaksir mencapai empat ratus juta rupiah,” ungkap Yudhi Kusworo, Kasi Perencanan Dina Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pemalang, kepada Puskapik, Minggu malam (8/3/2020).

Yudhi mengatakan, peristiwa longsor juga telah mengakibatkan bahu di ruas jalan amblas. Hujan lebat secara terus menerus dalam sepekan terakhir mengakibatkan pergerakan tanah menjadi labil. Tak hanya longsor, dan debit air sungai juga meningkat.

“Kita sedang koordinasikan dengan pihak kecamatan dan Dispermasdes, karena status jalan adalah jalan desa. Dan pastinya akan diupayakan perbaikan dan pembangunan segera dan secepatnya,” imbuh Yudhi. (KN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini