Kwarcab Banyumas Optimistis Kembali Jadi yang Tergiat

Advertisement

BANYUMAS (PUSKAPIK) – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Tengah melakukan penilaian terhadap Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Banyumas, Minggu (8/3/2020). Penilaian ini merupakan bagian dari lomba yang digelar rutin setiap dua tahun untuk meningkatkan kinerja dan kegiatan kwarcab.

Rombongan Kwarda Gerakan Pramuka Jateng diterima langsung Bupati Banyumas Achmad Husein yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) beserta Forkopimda dan Kepala SKPD selaku anggota Mabicab. Bupati menilai dalam lomba kwarcab yang terpenting adalah roh dan jiwa Pramuka menjadi karakter setiap orang, bukan sekedar administrasi.

“Jiwa Pramuka melalui Dasa Dharma apabila diterapkan semua akan hebat, tidak ada korupsi dan lain sebagainya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Tengah, Atikoh Ganjar Pranowo melalui Ketua Tim Penilai Lomba Kwartir, Agus Widiyanto mengatakan, lomba kwarcab sebenarnya hanya sebuah alat untuk mencapai tujuan, yaitu meningkatkan kinerja dan kegiatan Kwartir Cabang di Jawa Tengah.

“Sebenarnya lomba ini adalah pembinaan dan peningkatan semangat, kemampuan dan prestasi kerja tiap kwartir cabang sebagai upaya meningkatkan mutu peserta didik di Jawa Tengah khususnya dan Gerakan Pramuka pada umumnya,” kata Agus

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Banyumas, Achmad Supartono mengaku optimistis akan meraih kembali predikat tergiat seperti tahun-tahun sebelumnya. Hasil evaluasi dan masukan dari tim kwarda akan tetap menjadi bahan kwarcab untuk meningkatkan kualitas kegiatan menjadi lebih baik. Meski cara penilaian berbeda, sebelum 2019 penilaian setiap tahun, mulai 2020 dilaksanakan 2 tahun sekali, tetapi secara umum yang dinilai sama.

“Tahun 2018, 5 bidang penilaian semua mendapat penghargaan tergiat, 4 bidang meraih tergiat 1 untuk bidang Bina Muda, bidang Humas dan Abdimas, organisasi dan hukum, Bidang Keuangan dan Aset, Bidang Organisasi dan Hukum serta Bidang Keuangan, Sarana dan prasarana, serta juara 2 untuk bidang Binawasa

“Semoga untuk tahun ini bisa kita pertahankan, untuk menjadikan tergiat ke 32 sejak 1988,” kata Partono.(AR)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!