Antisipasi Genangan, DPUPR Kota Pekalongan Bakal Pasang 11 Pompa Skala Lingkungan

0
DPU-PR Kota Pekalongan bakal memasang pompa skala lingkungan di 11 titik sesuai dengan usulan masyarakat. FOTO/PUSKAPIK/SURYONO

PEKALONGAN (PUSKAPIK) – Sebagai langkah mengantisipasi genangan banjir, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Pekalongan bakal memasang pompa skala lingkungan di 11 titik sesuai dengan usulan masyarakat.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada DPUPR Kota Pekalongan, Khaerudin saat dikonfirmasi via telepon, Jumat (6/3/2020), menerangkan, pemasangan pompa skala lingkungan karena hingga saat ini masih adanya beberapa titik genangan yang tidak terjangkau oleh pompa permanen kota.

“Pompa skala lingkungan yang akan dipasang di 11 titik ini berukuran 4 inch dengan kapasitas 15 liter per detik yang akan ditempatkan di 11 titik sesuai dengan usulan masyarakat. Pengadaan pompa tersebut merupakan salah satu langkah penanganan darurat banjir yang dilakukan melalui dana tanggap darurat bencana,” kata Khaerudin.

Dijelaskan, titik lokasi pemasangan pompa tersebut antara lain 2 unit pompa di RW 3 dan 4 Kelurahan Tirto, 2 unit di RW 16 Kelurahan Pasirkratonkramat, 2 unit di Kelurahan Krapyak. Selanjutnya, di Kelurahan Klego, Perumahan BRD, Kelurahan Panjang Baru, Kelurahan Panjang Wetan, dan Kelurahan Kandang Panjang, masing-masing 1 unit pompa.

Untuk pengadaan seluruh pompa tersebut, kata Khaerudin, DPUPR telah menganggarkan dana sekitar Rp360 juta yang ditargetkan pengerjaannya akan dilakukan pekan mendatang. “Pengadaan pompa akan dilakukan oleh BPBD Kota Pekalongan, tapi untuk peninjauan teknis dilakukan oleh DPU-PR melalui survei ke lokasi untuk pemasangan pompa celup atau alkon, termasuk instalasi listriknya. Rencana pemasangannya akan kami mulai minggu depan. Kami berharap dengan adanya pompa-pompa tersebut genangan-genangan air akibat banjir bisa teratasi dan cepat surut,” kata Khaerudin.(YON)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini