Agus Sukoco akan Terapkan e-Budgeting untuk APBD Pemalang

0
FOTO/PUSKAPIK/CANDRA SUCIAWAN

PEMALANG (PUSKAPIK)-Bakal Calon (Balon) Bupati Pemalang, dari PDIP, H Agus Sukoco, akan menerapkan e-Budgeting untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), jika nantinya terpilih menjadi bupati pada Pilkada Pemalang, 23 September 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan pada saat berdialog dengan jajaran redaksi puskapik.com di Puskapik Forum, Jumat sore (6/3/2020), di Kantor Puskapik Jalan KH Ahmad Dahlan Nomor 012 Kelurahan Kebondalem, Pemalang.

“Dengan e-Budgeting, masyarakat Pemalang bisa secara online, mangakses APBD Pemalang. Anggaran untuk apa saja, bisa langsung dilihat dan diakses. Masyarakat bisa mengoreksi dan memberikan masukan soal anggaran. Karena pemerintahan sekarang harus transparan, apalagi sekrang era digital. Jadi sudah tidak mungkin pemerintahan dilakukan secara tertutup,” kata Ketua DPRD Pemalang itu.

Pada diskusi yang dipandu Ricko Safera dan dihadiri Pemimpin Umum puskapik.com, Heru Kundhimiarso itu, Agus Sukoco juga mengungkap, jika dia dipercaya menjadi Bupati Pemalang, akan menitikberatkan pembangunan di pedesaan.

Menurutnya, Pemalang harus dibangun dari desa. “Karena inti persoalan banyak di desa. Jumlah penduduk terbanyak di desa. Angka kemiskinan dan pengangguran di ada desa. Kalau pembangunan infrastruktur di desa sudah bagus, digitalisasi pemerintahan juga sudah masuk ke desa, kesejahteraan Pemalang akan lebih mudah diwujudkan,” ujar Agus.

Wilayah perkotaan, lanjut Agus, juga bukan berarti ditinggalkan. Apalagi Pemalang belakangan dilanda banjir. “Ya banjir memang karena curah hujan yang sangat tinggi. Tapi memang dreinase di perkotaan masih terlalu sempit. Sehingga masih banyak jalan di wilayah kota yang tergenang,” tambah Agus.

Agus juga berencana, merangkul generasi milenial untuk bersama-sama membangun Pemalang. “Selain produksi kreatif dan seni budaya. Anak-anak milenial juga bisa memberikan masukan bermanfaat untuk pembangunan Pemalang. Manfaatkan media sosial untuk hal-hal positif. Karena banyak juga medsos yang justru berpengaruh negatif,” ungkap Agus Sukoco.

Pemimpin Redaksi puskapik.com, Amin Nurrokhman, yang juga ikut dalam diskusi Puskapik Forum itu menyebut, dialog dengan Agus Sukoco itu, merupakan sesi kedua diskusi dengan tema Pilkada Pemalang. “Sesi berikutnya masih kita godok. Bisa juga kita undang penyelenggara Pilkada. Seperti sebelumnya format diskusi masih recording dan tipping. Video akan ditayangkan di chanel youtube puskapik-tv dan medsos puskapik.com,” kata Amin.(AR/KN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini